Bagikan:

JAKARTA - Sejak 1992, bulan April selalu diperingati sebagai Stress Awareness Month. Tujuannya adalah, sebagai pengingat utama akan pentingnya mengelola stres untuk menjaga kesehatan mental dan fisik pengguna. 

Menurut laporan dari HelpGuide.org yang berjudul “Social Media and Health Mental”, media sosial muncul sebagai sumber stres yang signifikan, berkontribusi terhadap meningkatnya kecemasan dan masalah terkait tekanan di kalangan pengguna.

Untuk meminimalkan dampak negatif jejaring sosial terhadap kesejahteraan digital, para ahli Kaspersky menyarankan beberapa tips sederhana sebagai berikut:

Penerapan privasi melalui pengaturan akun

Dengan menyesuaikan siapa yang dapat melihat profil dan postingan, pengguna dapat secara signifikan mengurangi risiko interaksi yang tidak diinginkan dengan orang asing yang mungkin memiliki niat buruk. 

Batasi koneksi

Dengan membatasi koneksi hanya ke orang-orang yang dikenal secara pribadi, ini akan mengurangi kemungkinan untuk menerima konten berbahaya atau berhadapan dengan penipu. Selain itu, penggunaan alat jejaring sosial untuk mengelompokkan teman memungkinkan berbagi lebih personal. 

Waspada terhadap segalanya 

Di balik tautan yang tampaknya tidak berbahaya di media sosial, sering kali ada skema phishing yang menyamar untuk meniru situs web yang sah. Situs penipuan ini dirancang untuk mengelabui pengguna agar mengungkapkan informasi sensitif, seperti kata sandi, rincian keuangan, dan data pribadi lainnya.

Maka dari itu, penting agar tetap kewaspadaan dan penerapan praktik online yang aman, seperti memverifikasi keaslian situs web sebelum memasukkan informasi apa pun dan menggunakan solusi keamanan yang komprehensif.

Gunakan kata sandi yang kuat

Kata sandi yang kuat dan rumit bertindak sebagai garis pertahanan pertama yang penting terhadap ancaman tersebut, membantu melindungi informasi pribadi dan identitas digital, mencegah stres dan komplikasi yang terkait dengan penanganan akun yang diretas.

Melaporkan aktivitas mencurigakan dan penindasan di dunia maya

Dengan melaporkan konten yang merusak atau pembully an dunia maya, Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, namun juga berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat luas. Laporan semacam ini memungkinkan perusahaan media sosial untuk mengambil tindakan yang tepat terhadap akun tersebut.