Tips Menata Kekacauan Digital untuk Memulai Tahun Baru ala Kaspersky
Ilustrasi kekacauan digital (foto: Kaspersky)

Bagikan:

JAKARTA - Mengawali tahun 2024, dan setelah menyadari banyaknya peretasan yang ada selama tahun 2023, ada baiknya Anda mulai melindungi data berharga dengan membersihkan kekacauan digital (digital clutter). 

Apa itu kekacauan digital? 

Menurut Kaspersky, kekacauan digital terjadi ketika pengguna perangkat membuat dokumen dan file digital dengan kecepatan yang tidak dapat dihentikan seperti sekarang. 

Misalnya, pengguna memasang lebih banyak aplikasi daripada yang mereka gunakan, jarang memperbaruinya, dan biasanya tidak menyesuaikan pengaturan keamanan/privasi aplikasi tersebut dengan benar. Artinya, sampah digital akan tersimpan di perangkat atau di cloud selamanya.

“Ditemukan bahwa hanya sekitar 8 persen orang mencapai resolusi Tahun Baru mereka karena kurangnya kendali pribadi, stres berlebihan, dan emosi negatif. Oleh karena itu, mulailah dari hal yang kecil untuk menjadi kebiasaan,” komentar Yeo Siang Tiong, General Manager Asia Tenggara di Kaspersky.

Bagaimana cara menata kekacauan digital? 

Kaspersky menyarankan untuk melakukan satu atau beberapa tips berikut agar aman secara digital di tahun baru ini:

Ucapkan selamat tinggal kata sandi. Alih-alih mengetik kata sandi setiap kali masuk ke akun atau melakukan transaksi, perangkat Anda kini dapat menyimpan kunci kriptografi unik untuk setiap situs. Ini juga nyaman karena Anda tidak perlu lagi memikirkan kata sandi, menghafalnya, dan memasukkannya nanti. Chrome, Edge, dan Safari mendukung teknologi ini pada platform desktop dan seluler.

Gunakan sekali pakai. Kebocoran informasi tetap menjadi salah satu risiko digital terbesar bagi kita semua. Namun, kita dapat memastikan bahwa informasi yang bocor di luar sana lebih sedikit, dan membuatnya lebih sulit untuk dicocokkan, yaitu dengan membandingkan nama dan nomor telepon di dua basis data yang dicuri tidak akan memberikan penyerang informasi lebih lanjut tentang kita.

Ada banyak layanan yang menyediakan nomor telepon sementara untuk menerima teks konfirmasi, serta alamat email satu kali. Anda hanya perlu Google “nomor telepon/alamat email sekali pakai”.

Menjauh dari media sosial yang toxic. Tahun demi tahun, kita menghadapi terlalu banyak kejadian negatif, ditambah gelombang kebencian di media sosial yang terus mencapai puncaknya. 

Stop melakukan scrolling yang menghabiskan waktu. Jejaring sosial dan situs berita dapat menghabiskan waktu berjam-jam dan banyak energi. Mulailah menguranginya dengan satu jam sehari, dan cobalah untuk menaatinya. 

Pisahkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Memisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah hal yang baik karena berbagai alasan. Idealnya, pemisahan tersebut harus bersifat fisik, yang berarti perbedaan telepon dan komputer untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Perhatikan kebersihan dunia maya. Gunakan perangkat lunak keamanan di semua komputer dan telepon. Perbarui semua aplikasi dan sistem operasi secara teratur.