Bagikan:

YOGYAKARTA - Kini para pengguna TikTok sudah bisa kembali belanja online melalui TikTok Shop. Saat ingin membeli barang atau produk, pengguna harus mengisi data-data terkait pemesanan. Salah satunya mengatur metode pembayaran yang akan digunakan. Maka dari itu pahami cara menambahkan metode pembayaran di TikTok Shop. 

Kembali dibukanya TikTok Shop di Indonesia menjadi kabar gembira bagi pengguna platform sharing video ini. Aktivitas jual beli di TikTok Shop pun bergerak lagi baik dari seller yang menjual barang maupun para buyer atau pembeli. TikTok menyediakan berbagai metode pembayaran sesuai kebutuhan penggunanya. 

Bagi Anda yang baru mulai belanja di TikTok Shop mungkin masih bingung mengenai cara mengatur dan mengelola metode pembayaran. Lantas bagaimana cara menambahkan metode pembayaran di TikTok Shop?

Cara Menambahkan Metode Pembayaran di TikTok Shop

TikTok Shop menyediakan beragam metode pembayaran, mulai dari Bank Virtual Account, e-Wallet, hingga kredit atau debit. Untuk menambahkan metode pembayaran TikTok Shop, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan masuk ke aplikasi TikTok Shop.
  2. Lihat menu bar di bagian atas.
  3. Kemudian klik “Pembayaran”.
  4. Lanjut pilih opsi “Tambahkan Metode Pembayaran”. Kemudian pilih metode pembayaran yag Anda inginkan, misalnya melalui kartu kredit/debit, Dana, GoPay, Ovo, dan lainnya.
  5. Kemudian masukkan data-data terkait pembayaran yang digunakan, seperti nomor rekening, nomor e-wallet, kode khusus, dan lainnya.
  6. Setelah mengisi data dengan benar, selanjutnya klik “Selesai” atau “Tambahkan” untuk menyelesaikan proses penambahan metode pembayaran. 

Cara Belanja di TikTok Shop

Bagi Anda yang ingin melakukan pembelian di TikTok Shop, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Silakan buka aplikasi TikTok di ponsel Anda.
  2. Klik Tab TikTok Shop di bagian bawah layar.
  3. Kemudian akan ditampilkan berbagai produk yang tersedia untuk dibeli.
  4. Anda bisa mencari produk atau barang yang diinginkan. Setelah memilih produk, Anda dapat langsung menambahkannya ke keranjang belanja atau memanfaatkan kupon diskon jika tersedia. 
  5. Jika ingin menggunakan kupon diskon, ada opsi "buy with coupon" di mana Anda bisa memilih kupon yang diinginkan sebelum melanjutkan proses pembelian. 
  6. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman ringkasan pesanan untuk memeriksa detail belanjaan dan memilih metode pembayaran yang diinginkan. 
  7. Pastikan mengisi alamat pengiriman dengan lengkap dan akurat. Bagi yang sudah memiliki alamat tersimpan sebelumnya, Anda bisa mengubah alamat melalui opsi edit yang tersedia. Setelah memilih opsi pembayaran, Anda bisa lanjut untuk menyelesaikan proses pembayaran. 
  8. Jika sudah menyelesaikan transaksi, pesanan barang Anda akan diproses. Anda bisa melacak status pesanan, seperti menunggu kurir mengambil pesanan atau status pengiriman lainnya. 

Cara Membuat Akun di TikTok Shop

Mungkin Anda tertarik berjualan di TikTok Shop untuk mendapatkan penghasilan secara online. Untuk menjadi penjual, Anda perlu membuat akun seller melalui TikTok Shop Seller Center. Berikut ini langkah-langkah membuat akun TikTok Shop bagi Anda yang ingin menjadi seller. 

  1. Registrasi akun sebagai seller dengan memasukan nomor telepon dan alamat email aktif Anda.
  2. Selanjutnya tunggu arahan verifikasi yang dikirim melalui email.
  3. Setelahnya, lengkapi informasi toko.
  4. Verifikasi identitas dengan KTP atau Paspor.
  5. Klik Submit untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.

Demikianlah cara menambahkan metode pembayaran di TikTok Shop dan cara membeli barang atau produk di platform ini. Anda bisa melakukan pembayaran dengan metode transaksi sesuai kebutuhan Anda. Baca juga cara jualan di TikTok Shop versi baru

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.