Kaspersky Bagikan Tips Aman Saat Berbelanja Online
Ilustrasi belanja online (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat tanggal tertentu, setiap negara memiliki momen sendiri untuk menghadirkan diskon besar-besaran, seperti di luar negeri mungkin Anda tidak asing dengan Black Friday dan Cyber Monday. Sedangkan Indonesia memiliki Harbolnas. 

Sebuah studi Kaspersky terbaru menunjukkan bahwa mayoritas gamer juga memiliki gairah berbelanja yang sama seperti orang pada umumnya. Namun, sering kali pembelian mereka mengarah pada pembelian spontan. 

Jadi, untuk memastikan belanja online yang aman, Kaspersky membagikan beberapa tips bermanfaat

Ketikkan URL ke bilah Alamat

Membuka tautan dari email toko online dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi keamanan online. Penipu mungkin menggunakan tautan phishing yang mengarah ke situs web palsu yang terlihat mirip dengan situs toko aslinya. Jadi, kapan ada baiknya Anda mengetikkan URL-nya di bilah alamat untuk menghindari tautan apa pun di email.

Gunakan kartu kredit sementara

Beberapa bank memberikan kesempatan kepada kliennya dengan menerbitkan kartu kredit sementara. Alat seperti ini akan membantu Anda memanfaatkan diskon liburan tanpa takut kehilangan data lebih lanjut. 

Terkadang bank juga menawarkan apa yang disebut kartu kredit virtual. Ini mirip dengan kartu biasa, namun nomor akun acak akan dihasilkan untuk setiap pembelian, mencegah peretas menggunakan kembali nomor tersebut.

Kelola dan lindungi kata sandi online Anda

Dalam ruang keamanan siber, pengguna diharuskan memiliki kata sandi yang unik dan kuat untuk setiap akun mereka. Oleh karena itu, untuk menjamin keamanan berbelanja online, penanganan kata sandi dapat dipercayakan kepada pengelola kata sandi yang andal.