Supaya Lebih Aman Gunakan Pembayaran Digital, Pakar Digital Beri Saran Ini
72 persen masyarakat Asia Tenggara mengalami setidaknya satu ancaman pembayaran digital (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pada zaman serba digital saat ini, banyak sekali motif-motif kejahatan dunia maya yang mengancam keamanan siber orang lain. Sebagai pengadopsi e-wallet atau pembayaran digital lainnya, tentu Anda harus memahami akan kejadian ini.

Penelitian Kaspersky baru-baru menunjukkan bahwa hampir seluruh responden di Asia Tenggara sebesar 97 persen mengetahui setidaknya satu jenis ancaman terhadap platform pembayaran elektronik.

Sementara itu, hampir 72 persen responden secara pribadi telah mengalami setidaknya satu jenis ancaman yang terkait dengan teknologi ini. Untuk membantu pengguna pembayaran digital di Asia Tenggara merangkul teknologi dengan aman, pakar Kaspersky menyarankan hal berikut:

  1. Waspadalah terhadap segala skema komunikasi palsu, dan selalu mengambil sikap hati-hati saat menyerahkan informasi sensitif. Jangan langsung memberikan informasi rahasia atau pribadi secara online, terutama jika menyangkut permintaan informasi keuangan dan detail pembayaran Anda.
  2. Gunakan komputer dan koneksi internet Anda sendiri saat melakukan pembayaran online. Seperti saat Anda melakukan pembelian hanya dari toko terpercaya saat berbelanja secara fisik, terapkan kehati-hatian yang sama ketika melakukan pembayaran online, Anda tidak akan pernah tahu apakah komputer umum memiliki spyware yang berjalan dan merekam semua yang Anda ketik di keyboard, atau jika di saat koneksi Internet publik telah dicegat oleh para pelaku kejahatan siber yang menunggu melancarkan serangan.
  3. Jangan bagikan kata sandi, nomor PIN, atau kata sandi satu kali (OTP) Anda dengan keluarga atau teman. Meskipun mungkin tampak nyaman, atau ide yang bagus, ini memberikan jalan masuk bagi pelaku kejahatan siber untuk mengelabui pengguna agar mengungkapkan informasi pribadi untuk mengumpulkan kredensial bank. Simpan kredensial tersebut hanya untuk diri sendiri dan lindungi informasi pribadi Anda.
  4. Mengadopsi solusi holistik produk keamanan dan langkah-langkah praktis dapat meminimalkan risiko menjadi korban ancaman dan menjaga keamanan informasi keuangan Anda. Dan manfaatkan solusi keamanan yang andal untuk perlindungan menyeluruh dari berbagai ancaman.