Bagikan:

JAKARTA - Data Kaspersky menunjukkan bahwa toko online merupakan entitas yang paling sering menjadi sasaran pelaku phishing nomor tiga setelah internet portal global dan web service.

Nah, untuk menghindari menjadi korban penjahat siber saat berbelanja, Kaspersky merekomendasikan pengguna untuk melakukan beberapa tips berikut:

Pilihlah merek-merek familiar yang Anda kenal atau pernah dengar. Jika Anda membeli dari merek baru, telitilah dengan cermat. Carilah email, nomor telepon dan/atau alamat untuk menghubungi merek serta pastikan kebijakan pengembalian produknya.

Miliki kartu kredit sementara. Penjahat siber telah mengembangkan teknik dan malware yang sangat canggih sehingga terkadang dapat menggagalkan upaya terbaik Anda untuk berbelanja online dengan aman. Untuk menerapkan tindakan lain, Anda dapat menggunakan kartu kredit sementara untuk melakukan pembelian online, bukan kartu kredit utama.

Berbelanja di situs yang aman. Cari alamat URL yang diawali dengan https://, bukan http://. Cari juga gembok tertutup di bilah alamat browser web dengan mengklik atau mengeklik dua kali gembok tersebut, Anda akan dapat melihat rincian keamanan situs.

Kelola dan lindungi kata sandi online. Menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk belanja online yang aman.

Waspada terhadap jenis informasi yang diminta. Jangan memberikan informasi lebih dari yang diperlukan untuk menyelesaikan pembelian Anda.

Jangan pernah membagikan informasi pribadi melalui telepon kecuali Anda yang menelepon, dan jangan pernah membalas permintaan informasi pribadi apa pun yang tidak diminta (terutama kata sandi, nomor kartu kredit, atau rekening bank).

Gunakan VPN. Jika Anda benar-benar harus berbelanja online saat menggunakan Wi-Fi publik, instal solusi VPN (virtual private network) terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui program dan perangkat lunak keamanan sebelum Anda berbelanja. Setelah berbelanja, selalu lakukan sesi logout akun.

Cetak dan simpan catatan transaksi online. Baca semua laporan transaksi dengan cermat saat Anda mendapatkannya dan periksa tagihan yang tidak sah. Jika ada sesuatu yang tidak biasa, segera laporkan.