Investasi Microsoft Diperkirakan Lebih dari Rp14 Triliun, Menteri Budi Arie: Jangan Saya yang Ngomong
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (Foto: Dinda Buana Putri/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menyusul kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia pada 17 April lalu, CEO Microsoft Satya Nadella juga akan berkunjung ke Indonesia pada 30 April mendatang.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menegaskan bahwa kehadiran Microsoft ini akan membicarakan banyak isu, termasuk juga tentang investasi yang akan diberikan di Tanah Air.

Meskipun tidak diungkapkan secara terang-terangan, Menkominfo Budi menyebut bahwa investasi Microsoft akan lebih besar dari Apple, yaitu lebih dari Rp14 triliun.

“Ada, itu gede. Nanti, jangan saya yang ngomong. Ada (investasi), mereka gede. Mereka sudah ngomong ke saya, tapi saya bilang jangan saya yang ngomong, kan saya Menkominfo RI, bukan humas Microsoft,” tutur Budi pada Jumat, 19 April.

“Lebih, gede (Rp14 triliun). Tapi jangan saya yang ngomong. Dia aja yang ngomong,” tambah Budi.

Nantinya, investasi yang diklaim memiliki total lebih dari Rp14 triliun ini akan di fokuskan ke banyak bidang. Salah satu yang utama adalah pada sumber daya manusia.

“Macam-macam (tujuan investasi) nanti mereka yang menjelaskan. Salah satunya bagaimana SDM, sumber daya manusia,” ujarnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa Apple telah berinvestasi sebesar Rp1,4 triliun di Indonesia dalam bentuk Apple Developer Academy yang berada di tiga provinsi yaitu Batam, BSD, dan Surabaya.

Namun, dengan pembangun Apple Developer Academy yang juga akan dibangun di Bali, maka nilai investasi Apple di Tanah Air diperkirakan mencapai Rp1,6 tiriliun.

Investasi Apple di Indonesia memang terbilang lebih kecil apabila dibandingkan investasinya dengan Vietnam, yang mana raksasa teknologi itu mengucurkan nilai investasi sebesar 15,84 miliar dolar AS atau setara Rp257 triliun.