CEO SETI Bantah Pemerintah AS Sembunyikan Teknologi Alien
Salah satu temuan objek tidak teridentifikasi di langit (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA – SETI Institute merupakan organisasi nirlaba yang didirikan untuk mencari kehidupan di luar Bumi. Meski sudah berdiri selama 40 tahun, organisasi ini percaya bahwa tidak ada teknologi alien di Bumi.

CEO SETI Bill Diamond mengatakan kepada Space bahwa tidak ada bukti yang kuat mengenai kehadiran teknologi alien di Bumi. Diamond juga menepis rumor yang mengatakan bahwa pemerintah AS menyembunyikan teknologi alien dari masyarakat.

"Kami tidak pernah memilikinya (sumber kredibel yang mengindikasikan kehadiran teknologi alien)," kata Diamond. "Gagasan bahwa pemerintah merahasiakan hal seperti ini benar-benar tidak masuk akal. Tidak ada motivasi untuk melakukannya." 

Ada kemungkinan bahwa teknologi alien pernah atau akan hadir di Bumi. Namun, selama SETI tidak memiliki bukti yang kuat, organisasi nirlaba yakin bahwa teknologi alien tidak pernah mendarat atau melayang di langit Bumi.

"Kita juga tidak boleh langsung mengambil kesimpulan bahwa UFO adalah teknologi alien tanpa adanya bukti yang meyakinkan mengenai hal tersebut. Dan (memang) tidak ada bukti yang meyakinkan," ucap Diamond.

CEO SETI itu yakin bahwa teknologi alien tidak ada di Bumi karena terbatasnya ruang dan waktu. Pesawat luar angkasa tercepat yang dibuat oleh manusia adalah New Horizons, tetapi pesawat ini harus menempuh 80 ribu tahun untuk mencapai Alpha Centauri.

Dengan gagasan ini, alien harus memiliki kemampuan yang lebih canggih dari manusia untuk membangun teknologi yang lebih maju. Jika alien benar-benar cerdas, makhluk itu seharusnya mendaratkan perangkat keras, bukan mendaratkan pesawat.

"Jika makhluk seperti itu ada, kemungkinan besar mereka akan mengirim perangkat keras ke sini terlebih dahulu dan bukan biologi (atau menampakkan diri)," jelas Diamond. "Mereka sudah memiliki pemahaman tentang apa yang mereka hadapi."

Ketika alien sudah memahami berbagai hal tentang manusia dan alamnya, mereka tidak akan menampakkan diri jika tidak ingin diamati. Gagasan ini mendukung fakta bahwa SETI tidak pernah menemukan bukti adanya teknologi alien.