Sistem Kontrol Orang Tua, Solusi untuk Mengatasi Bahaya Sideload di iOS 17.4
Fitur Sistem Kontrol Orang Tua di iOS 17.4 (foto: dok. Apple) 

Bagikan:

JAKARTA – Sistem operasi terbaru iPhone, iOS 17.4, telah diluncurkan di perangkat tertentu. Dengan diluncurkannya pembaruan tersebut, pengguna iPhone di Uni Eropa (UE) sudah bisa melakukan sideload

Sideload merupakan tindakan mengunduh aplikasi di luar dari toko digital resmi. Biasanya, sideload mengarah ke pengunduhan aplikasi di situs web. Tindakan ini berpotensi membawa bahaya karena aplikasi yang diunduh mungkin memiki malware

Dukungan sideload telah dilarang sejak iPhone diluncurkan untuk pertama kali. Namun, karena Digital Digital Markets Act (DMA) yang harus dipatuhi Apple, perusahaan itu terpaksa mengizinkan sistem sideload di UE. 

Sebagai gatekeeper, istilah untuk platform yang dijaga ketat oleh Komisi Eropa, Apple tidak boleh mengatur pengunduhan aplikasi dari situs web atau toko digital selain App Store. Meski patuh, Apple mengingatkan bahaya dari sideload

Menurut Apple, sideload berpotensi menciptakan kebencian, kekerasan ekstrem, dorongan mengonsumsi obat terlarang, pornografi, dan masih banyak lagi. Bahaya ini rentan bagi anak di bawah umur sehingga Apple menambahkan Sistem Kontrol Orang Tua. 

Dengan adanya sistem kontrol ini, orang tua bisa mengatur aplikasi yang berhak anaknya unduh dan tidak. Para orang tua juga bisa menggunakan pembatasan Durasi Layar untuk menonaktifkan instalasi dari aplikasi pihak ketiga. 

Mengutip dari 9to5mac, pengguna hanya perlu membuka Pengaturan dan buka menu Durasi Layar. Setelah itu, atur Durasi Layar atau pilih pengaturan perangkat anak di Keluarga Berbagi. Saat waktu layar terlihat, buka Pembelian Konten dan Privasi, lalu klik Pemasangan dan Pembelian Aplikasi. 

Ubah pengaturan Pasar Aplikasi menjadi Jangan Izinkan. Orang tua juga bisa menetapkan peringkat usia untuk memblokir aplikasi tertentu. Jika sudah diubah, instalasi aplikasi di luar dari App Store akan diblokir.