Meta Akan Hapus Semua Akun Oculus pada 29 Maret
Meta hapus akun Oculus (foto: dok. Meta) 

Bagikan:

 JAKARTA – Meta Platform Inc, sebelumnya bernama Facebook, mengumumkan bahwa mereka akan menghapus seluruh akun Oculus. Penghapusan ini akan dilakukan pada 29 Maret mendatang. 

Ketika akunnya terhapus, pengguna akan kehilangan daftar teman, berbagai konten yang dibuat dengan Quest, dan berbagai data lainnya. Oleh karena itu, seluruh akun Oculus diminta untuk bermigrasi ke akun Meta. 

Melalui email pengguna Quest, dikutip dari The Verge, Meta mengatakan bahwa penghapusan ini dilakukan untuk mematikan akses Oculus sepenuhnya. Pengguna tidak akan bisa mengaktifkan akun Oculus mereka kembali. 

"Anda mungkin perlu bermigrasi ke akun Meta menggunakan alamat email yang terkait dengan ID Oculus Anda sebelum 29 Maret 2024. Anda dapat membuka di sini untuk bermigrasi ke akun Meta menggunakan browser web," tulis Meta. 

Meta Quest merupakan produk yang diluncurkan dengan nama Oculus pada tahun 2019. Perubahan nama ini dilakukan setelah Facebook memutuskan untuk berganti nama menjadi Meta Platform Inc. di akhir tahun 2021.

Saat pertama kali diluncurkan, Meta Quest memerlukan akun Oculus untuk menyimpan data. Namun, penggunaan akun Oculus ini dihentikan pada tahun 2020. Seluruh pengguna diwajibkan untuk mendaftar dengan akun Facebook. 

Pada tahun 2022, dukungan akun Meta mulai ditambahkan ke seluruh headset reality virtual (VR) Quest. Alternatif ini diluncurkan bagi para pengguna yang tidak mau menakutkan akun Facebook mereka ke perangkat Quest. 

Meski penggunaan akun Oculus ini sudah dibatasi sejak empat tahun yang lalu, akun ini masih bisa digunakan untuk mengakses daftar pembelian aplikasi, kredit toko, dan lainnya. Oleh karena itu, Meta memutuskan untuk menghapus akun Oculus yang tersisa.