Bagikan:

JAKARTA – Chatbot AI generatif buatan Google terus mengalami perubahan sejak akhir tahun lalu. Dari penyingkatan nama Bard, kini Google akan menggantikan nama tersebut dengan Gemini.

Pada Oktober lalu, tepatnya saat peluncuran Pixel 8, Google mengumumkan bahwa mereka akan menggabungkan kemampuan Assistant dengan chatbord AI Bard. Penggabungan fitur ini diberi nama Assistant with Bard.

Meski namanya sudah sesuai dengan inovasi yang Google kembangkan, perusahaan itu memutuskan untuk menyingkat nama Assistant with Bard menjadi hanya Bard. Perubahan nama ini dilakukan pada pertengahan Januari lalu.

Sebenarnya, perubahan nama ini sudah cukup bagus karena pengguna setia Google tidak perlu bingung dengan perbedaan Google Assistant dan Assistant with Bard. Namun, berdasarkan temuan baru-baru ini, Google kembali mengubah namanya.

Ditemukan pertama kali oleh Dylan Roussel, pengembang aplikasi Android, Google berencana mengubah nama Bard menjadi Gemini. Perubahan nama ini akan terlihat di seluruh produk buatan Google, baik situs web maupun perangkat seluler.

“Bard sekarang menjadi Gemini. Cara terbaik untuk mendapatkan akses langsung ke Google Al. Semua kemampuan kolaboratif yang Anda kenal dan sukai masih ada dan akan terus meningkat di era Gemini,” tulis Google dalam pemberitahuan yang dibagikan Roussel di platform X.

Perubahan nama ini tampaknya sudah benar-benar dilakukan. Berdasarkan temuan 9to5google, Google telah mengubah nama Bard di kode aplikasi tersebut. Google Assistant pun telah menyebut aplikasi Bard sebagai Gemini.