Bagikan:

JAKARTA - Cadence Design Systems (CDNS.O), yang berbasis di San Jose, California, mengumumkan pada Kamis 1 Februari, bahwa perusahaan telah merancang sistem superkomputer kecerdasan buatan (AI) baru, yang dapat digunakan untuk mensimulasikan aliran udara di sekitar jet dan peralatan lainnya dalam persaingannya dengan Ansys.

Cadence terkenal dengan perangkat lunaknya yang membantu merancang chip komputer, di mana penempatan presisi puluhan miliar saklar listrik kecil yang disebut transistor dapat menentukan kecepatan dan daya saing chip. Namun, perusahaan itu kini bersaing dengan pesaing utamanya, Synopsys, untuk menggabungkan perangkat lunak desain chip dengan aplikasi yang digunakan untuk merancang dan menguji sistem mekanis yang lebih besar yang menjadi bagian dari chip tersebut.

Cadence memproduksi perangkat lunak simulasi fisika yang dapat menguji dinamika fluida dan kompetitif dengan Ansys. Synopsys baru-baru ini mengumumkan kesepakatan senilai 35 miliar dolar AS untuk mengakuisisi Ansys setelah sebelumnya Ansys menarik minat akuisisi dari Cadence.

Menurut Frank Ham, Wakil Presiden R&D untuk dinamika fluida komputasional di Cadence, perangkat lunak simulasi fisika seperti yang diproduksi oleh Cadence memerlukan daya komputasi yang sangat besar sehingga para perancang pesawat dan insinyur lainnya jarang memiliki waktu cukup untuk menguji setiap aspek desain mereka dan masih memenuhi batas waktu bisnis.

Sistem yang diperkenalkan oleh Cadence pada Kamis, yang disebut sebagai Millennium M1, akan membantu mempercepat pengujian sehingga insinyur dapat menjalankan lebih banyak pengujian. Sistem ini juga akan menggunakan kecerdasan buatan untuk menyaring data yang sangat besar yang dihasilkan oleh pengujian tersebut dan merekomendasikan perbaikan yang mungkin terlewat oleh insinyur yang sedang terburu-buru.

"Tidak ada manusia yang membaca semua hasil simulasi itu, dan beberapa inovasi desain yang terkubur di dalamnya akan ditemukan," kata Frank Ham.

Cadence menolak memberikan komentar tentang biaya sistem ini. Sistem ini akan dijual dan disewakan tergantung pada preferensi pelanggan dan sudah tersedia segera.