OpenAI Luncurkan GPT Store untuk Temukan Custom Bot AI Terpopuler
Tampilan GPT Store oleh OpenAI (foto: OpenAI)

Bagikan:

JAKARTA - OpenAI mulai meluncurkan GPT Store atau toko untuk GPT, aplikasi chatbot khusus yang didukung oleh model AI penghasil teks dan gambar (misalnya GPT-4 dan DALL-E 3 ).

“Sudah dua bulan sejak kami  mengumumkan  GPT, dan pengguna telah membuat lebih dari 3 juta versi khusus ChatGPT,” tulis OpenAI dalam pengumuman resminya dikutip Kamis, 11 Januari. 

Namun, GPT store ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah berlangganan salah satu paket ChatGPT premium OpenAI, termasuk ChatGPT Plus, ChatGPT Enterprise, atau GPT Team yang baru diluncurkan. 

GPT Store ini sebenarnya adalah toko aplikasi dalam bentuk website, yang menampilkan serangkaian GPT yang dikembangkan oleh mitra OpenAI dan komunitas pengembangnya yang lebih luas. 

Pengguna dapat menelusuri beberapa GPT yang tersedia dan gratis untuk digunakan saat peluncuran mencakup pemberi rekomendasi jejak dari AllTrails, tutor kode dari Khan Academy, dan desainer konten dari Canva.

GPT Store pertama kali diumumkan tahun lalu pada konferensi pengembang tahunan pertama OpenAI,  DevDay. Namun, rencana ini tertunda pada bulan Desember, karena perombakan kepemimpinan yang terjadi pada bulan November. 

Saat itu, CEO Sam Altman dipaksa keluar oleh dewan direksi OpenAI dan kemudian, setelah investor dan karyawan panik, Sam Altman diangkat kembali dengan dewan direksi baru.