OpenAI Perluas Program Custom Model untuk Pelanggan Enterprise
OpenAI sedang memperluas programnya, Custom Model, (foto: x @openai)

Bagikan:

JAKARTA- OpenAI sedang memperluas programnya, Custom Model, untuk membantu pelanggan perusahaan mengembangkan model AI generatif yang disesuaikan menggunakan teknologinya untuk kasus penggunaan, domain, dan aplikasi tertentu.

Custom Model diluncurkan tahun lalu pada konferensi pengembang perdana OpenAI, DevDay, yang menawarkan perusahaan kesempatan untuk bekerja dengan sekelompok peneliti OpenAI yang berdedikasi untuk melatih dan mengoptimalkan model untuk domain tertentu.

"Puluhan" pelanggan telah mendaftar dalam Custom Model sejak itu. Tetapi OpenAI mengatakan bahwa, dengan bekerja dengan kelompok pengguna awal ini, mereka menyadari perlunya memperluas program untuk lebih lanjut "maksimalkan kinerja." Oleh karena itu fine-tuning terbantu dan model yang disesuaikan.

Fine-tuning terbantu, sebuah komponen baru dari program Custom Model, memanfaatkan teknik di luar fine-tuning — seperti "hiperparameter tambahan dan berbagai metode fine-tuning parameter yang efisien dalam skala yang lebih besar," dengan kata-kata OpenAI — untuk memungkinkan organisasi menyiapkan pipa data pelatihan, sistem evaluasi, dan infrastruktur pendukung lainnya untuk memperkuat kinerja model pada tugas-tugas tertentu.

Adapun model yang disesuaikan, mereka adalah model kustom yang dibangun dengan OpenAI — menggunakan model dasar dan alat OpenAI (mis. GPT-4) — untuk pelanggan yang "perlu menyesuaikan model mereka dengan lebih dalam" atau "menanamkan pengetahuan baru yang spesifik domain," kata OpenAI.

OpenAI memberikan contoh SK Telecom, raksasa telekomunikasi Korea, yang bekerja dengan OpenAI untuk menyempurnakan GPT-4 untuk meningkatkan kinerjanya dalam "percakapan terkait telekomunikasi" dalam bahasa Korea. Pelanggan lainnya, Harvey — yang sedang membangun alat-alat hukum yang didukung oleh ke OpenAI Startup Fund, lengan usaha fokus AI OpenAI — bekerja sama dengan OpenAI untuk membuat model kustom untuk kasus hukum yang mencakup ratusan juta kata teks hukum dan umpan balik dari pengacara ahli yang berlisensi.

"Kami percaya bahwa di masa depan, sebagian besar organisasi akan mengembangkan model yang disesuaikan yang dipersonalisasi untuk industri, bisnis, atau kasus penggunaan mereka," tulis OpenAI dalam sebuah pos blog. "Dengan berbagai teknik yang tersedia untuk membangun model kustom, organisasi dari segala ukuran dapat mengembangkan model personal yang bermakna dan spesifik untuk menghasilkan dampak yang lebih berarti dari implementasi AI mereka."