Cara Mengatasi Data Sistem iOS yang Mencuri Penyimpanan di iPhone
Menghapus Data Sistem di iPhone (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA – Beberapa pengguna Reddit di forum komunitas Apple masih mengeluhkan penyimpanan Data Sistem yang sulit terhapus. Masalah ini sudah terjadi sejak iOS 13 dan masih terjadi hingga iOS 17.4 diluncurkan.

Penyimpanan yang ada di Data Sistem ini berbeda dengan cache yang biasa ditemukan di masing-masing aplikasi iOS. Tidak ada tombol untuk mengosongkan Data Sistem secara cepat meskipun sistem ini bisa menghabiskan 60GB.

Selain Data Sistem yang sering memakan banyak penyimpanan, beberapa pengguna juga mengatakan bahwa penyimpanan di Data Sistem tidak bisa diakses atau digunakan. Jika hal ini terjadi pada perangkat Anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Mengutip dari 9to5mac, Anda bisa melihat penyimpanan data yang digunakan oleh sistem terlebih dahulu. Anda hanya perlu membuka Pengaturan dan buka bagian Umum. Setelah itu, ketuk Penyimpanan iPhone dan cari Data Sistem.

Setelah halaman Data Sistem terbuka, lihat berapa banyak penyimpanan yang diambil oleh Data Sistem perangkat Anda. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa mengetahui apakah Data Sistem Anda sudah berkurang setelah melakukan cara-cara berikut.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mematikan perangkat. Terkadang, masalah Data Sistem yang membludak ini bisa langsung teratasi dengan cara me-reboot ponsel. Setelah iPhone dimatikan, nyalakan kembali untuk melihat Data Sistem.

Jika berhasil, Sistem Anda mungkin akan berkurang sebanyak puluhan gigabyte. Sayangnya, cara ini hanya bertahan sementara karena biasanya data akan kembali membengkak dalam beberapa hari atau minggu mendatang.

Jika hal ini kembali terjadi, Anda bisa melakukan hal yang sama atau mencoba cara yang baru, yaitu mengubah riwayat iMessage. Coba untuk mengubah riwayat penyimpanan menjadi satu tahun atau 30 hari agar Data Sistem Anda tidak mudah penuh.

Berikutnya, Anda bisa menghapus dan menginstal ulang aplikasi seperti Apple TV, Instagram, TikTok, atau aplikasi lainnya yang tidak sulit melakukan login. Cara ini berbeda dengan penghapusan cache karena datanya akan jauh lebih berkurang.

Cara-cara di atas bisa berdampak pada Data Sistem Anda dan bisa juga tidak. Jika Anda malas untuk melakukan cara-cara di atas, tetapi terganggu karena penyimpanan semakin sedikit, Anda bisa mencoba berlangganan penyimpanan iCloud.