Cara Mengatasi Bug iOS 15 yang Membuat Data Sistem Berukuran Besar, Atur Agar Penyimpanan Lebih Lega
Cara memperbaiki bug iOS 15 (9to5Mac)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Baru-baru ini pengguna sistem operasi iOS 15.1 atau yang lebih baru di perangkat iPhone, mengeluhkan System Data di perangkat mereka yang mendadak jadi besar karena disebabkan oleh bug.

Akibatnya, kapasitas ruang penyimpanan di perangkat iOS 15.1 mendadak jadi penuh. Hal itu menyebabkan pengguna tidak bisa menggunakan ruang penyimpanan untuk menyimpan file-file mereka.

Padahal, ketika di cek tidak ada aplikasi baru yang terinstal di perangkat iPhone mereka, atau file baru yang membuat kapasitas ruang penyimpanan mereka menjadi penuh.

Akan tetapi, saat dilihat di iPhone Storage, System Data menunjukkan ada ukuran dokumen yang sangat besar, sehingga memenuhi kapasitas ruang penyimpanan.

Bahkan, ukuran dokumen pada System Data di iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS 15.1, ada yang menunjukkan penggunaan ruang hingga 111GB. Padahal umumnya, penggunaan file dokumen hanya mencapai 5GB.

Oleh karena itu, jika pengguna memiliki masalah pada ukuran System Data di perangkat iPhone, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Ukuran Data Sistem dengan Reset Location & Privacy

Dikutip dari The Next Web, masalah iPhone Storage Data dengan ukuran besar tersebut dapat dikategorikan sebagai bug yang terdapat di sistem operasi iOS 15.1.

Untuk memperbaikinya, pengguna iPhone dapat melakukan reset Location & Privacy di perangkat Anda dengan masuk ke menu Setting, atau Pengaturan iPhone.

Setelah itu pilih bagian General, dan klik menu Transfer or Reset iPhone, kemudian klik ikon Reset, untuk mulai mereset Data Storage di perangkat Anda. Selanjutnya, pengguna dapat memilih menu Reset Location & Privacy.

Untuk melanjutkan proses perbaikan, pengguna dapat kembali ke bagian Setting, di iPhone Anda dan pilih menu General. Kemudian pilih menu iPhone Storage dan tunggu proses yang dilakukan oleh perangkat Anda.

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu System Data. Anda akan melihat ruang penyimpanan pada menu tersebut hanya berukuran 5GB dan maksimal 10GB.

Pengguna pun dapat menyimpan file baru di perangkat Anda dan performa dari iPhone Anda akan kembali normal karena ruang penyimpanannya tidak lagi penuh.

Anda pun tidak perlu khawatir hal tersebut akan menghapus file-file yang ada di perangkat Anda, karena menu Reset Location & Privacy berfungsi untuk memperbaiki bug pada iOS 15.1.

Adapun data yang terhapus adalah data lokasi Anda di perangkat iPhone tersebut. Oleh karenanya, pengguna dapat memberi izin kepada perangkat apabila ingin membuka aplikasi seperti Apple Maps, atau aplikasi navigasi lainnya.

Demikian adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki ukuran System Data di perangkat iPhone Anda yang tiba-tiba menjadi besar sehingga menyebabkan ruang penyimpanan iOS 15.1 Anda menjadi penuh.