Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen memperkenalkan mobil pertamanya yang dilengkapi asisten suara yang mengintegrasikan teknologi ChatGPT di Pameran Elektronik CES di Las Vegas pada Senin, 8 Janauri. Fitur itu memungkinkan pengemudi untuk mendengarkan konten yang telah diambilkan untuk mereka selama perjalanan.

Chatbot ini, terintegrasi melalui kemitraan dengan Cerence Inc., yang dapat mengontrol fitur hiburan di dalam mobil dan menjawab pertanyaan umum. Di masa depan, chatbot ini bisa berbincang dengan pengemudi dan berinteraksi dengan cara lain, demikian pernyataan dari produsen mobil tersebut.

Volkswagen menyatakan bahwa mereka menjadi produsen volume pertama yang membuat teknologi ini menjadi fitur standar dalam mobil segmen kompak mereka. Pada Maret tahun lalu, GM mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan asisten pribadi virtual menggunakan model kecerdasan buatan di balik ChatGPT.

Mercedes-Benz juga menjalankan program uji coba pada bulan Juni tahun lalu yang memungkinkan sekitar 900.000 kendaraan yang dilengkapi sistem "MBUX" dari pabrikan mobil tersebut untuk mengunduh ChatGPT, dengan harapan pengguna akhir dapat melakukan tugas seperti melakukan reservasi film atau restoran saat sedang mengemudi.