Volkswagen Jadi Produsen Mobil Pertama Integrasi ChatGPT sebagai Fitur Standar pada Lini Kendarannya
Volkswagen ID.7 dan Golf akan memiliki sistem ChatGPT (Dok. Volkswagen AG)

Bagikan:

JAKARTA - Teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini menjadi bahan perbincangan umum termasuk dunia otomotif. Volkswagen (VW), sebagai salah satu produsen mobil terbesar dunia mengeklaim sebagai produsen mobil pertama yang telah mengaplikasikan sistem ini pada kendaraannya.

Dalam gelaran CES 2024, yaitu pameran elektronik ternama di dunia, VW menghadirkan kendaraan pertama yang menggunakan chatbot ChatGPT berbasis AI yang terhubung ke dalam asisten suara IDA milik perusahaan.

Konsumen dapat dengan leluasa memiliki akses ke database kecerdasan buatan yang berkembang ke semua model VW dengan bantuan asisten suara IDA serta melakukan penelitian terhadap konten yang dibacakan kepada mereka saat mengemudi. Teknologi ini dikembangkan oleh Cerence Chat Pro dari mitra teknologi Cerence Inc, yang menawarkan integrasi ChatGPT untuk otomotif.

“Kami kini menjadi pabrikan pertama yang menjadikan teknologi inovatif ini sebagai fitur standar pada kendaraan dari segmen kompak ke atas,” kata Kai Grunitz, sebagai Technical Development Brand VW, dalam laman perusahaan, Senin, 8 Januari.

5

Untuk mengoperasikannya, pengemudi hanya perlu menginstal aplikasi terbaru atau mengaktifkan ChatGPT dibantu dengan asisten suara yang dinyalakan dengan mengucapkan ‘Hello IDA’ atau menekan tombol pada setir kemudi. IDA secara otomatis memprioritaskan apakah fungsi kendaraan harus dijalankan, pencarian tujuan, atau penyesuaian suhu.

ChatGPT tidak mendapatkan akses ke data kendaraan apa pun; pertanyaan dan jawaban segera dihapus untuk memastikan tingkat perlindungan data setinggi mungkin. Hal ini difasilitasi oleh Cerence Chat Pro, yang memanfaatkan banyak sumber, termasuk ChatGPT, untuk memungkinkan IDA memberikan tanggapan akurat dan relevan terhadap hampir setiap permintaan yang dapat dibayangkan.

Sistem kecerdasan buatan ini akan ditawarkan dalam teknologi infotainmen terbaru pada beberapa model, seperti ID.7, ID.4, ID.5, ID.3, All New Tiguan, All New Passat, dan Golf terbaru. Fitur ini akan menjadi perlengkapan standar mulai kuartal kedua 2024 mendatang.