Bagikan:

JAKARTA - Kia resmi kembali ke pameran Consumer Electronics Show (CES) 2024 setelah absen selama lima tahun. Pada pameran teknologi konsumen terbesar di dunia yang berlangsung dari 9-12 Januari di Las Vegas, AS ini Kia membawa lima konsep kendaraan listrik (EV) komersial.

Kelima kendaraan listrik ini diklasifikasikan sebagai Platform Beyond Vehicle (PBV) solutions dan ditujukan untuk sektor komersial serta pelanggan dengan kebutuhan mobilitas khusus.

6

Adapun lima kendaraan konsep PBV yang dihadirkan dari tiga variasi Concept PV5, satu Concept PV7, dan Concept PV1.

“Bisnis PBV Kia mewakili visi kami untuk melampaui konsep tradisional mobil demi memenuhi kebutuhan beragam pelanggan dan komunitas yang belum terpenuhi melalui kendaraan dan layanan yang dioptimalkan untuk memenuhi pasar dan kondisi bisnis tertentu,” kata Ho Sung Song, Presiden dan CEO Kia, dalam rilis perusahaan, 9 Januari.

4
Concept PV5

Namun yang paling menjadi sorotan dari model yang dibawa Kia adalah Concept PV5, sebuah kendaraan modular yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna yang mencerminkan model-model masa depan. 

6
Concept PV5

Tiga variasi konsep PV5 memiliki pintu besar yang memudahkan pelanggan untuk masuk dan keluar dari kabin. Memuat barang ke dalam kendaraan seharusnya menjadi pekerjaan mudah dengan mobilnya yang memiliki wheelbase panjang dan ketinggian lantai yang pas demi meningkatkan kenyamanan.

7
Concept PV5

Semua kendaraan PBV akan dilengkapi dengan sistem rel di lantai, panel samping, dan langit-langit; ini memungkinkan setiap kendaraan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan barang dapat dipindahkan dengan mudah dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya.

Produksi kendaraan PBV ini akan dimulai pada tahun 2025 di pabrik baru di situs Hwaseong, Korea Selatan. Awalnya, Kia berharap dapat memproduksi sekitar 100.000 kendaraan setiap tahun, dengan rencana untuk meningkatkan jumlah ini menjadi 150.000 unit.

Dalam beberapa tahun mendatang, Kia juga berencana untuk memperkenalkan beberapa gaya bodi, termasuk model 'Basic', Chassis Cab, High Roof, dan Van. Kemudian, produsen otomotif Korea ini berharap untuk memperkenalkan versi Robotaxi atau taksi otonom sendiri, yang dirancang bekerja sama dengan Motional, anak perusahaan self-driving dari Hyundai.

"Kia PBV adalah puncak dari pendekatan bisnis kami yang berorientasi pada pelanggan. Dengan tujuan mengembangkan PBV dan solusi yang disesuaikan dengan lingkungan bisnis mereka, kami yakin dengan kemitraan yang kuat akan menjadi dorongan besar menuju menjadi penyedia solusi mobilitas berkelanjutan," pungkas Pierre-Martin Bos, Wakil Presiden dan Direktur PBV Kia.