Volkswagen Berencana Hadirkan Prototipe Berbasis AI untuk Bangun Ekosistem yang Lebih Canggih
Teknologi ChatGPT berbasis AI dalam kendaraan Volkswagen. (Dok. Volkswagen Group)

Bagikan:

JAKARTA - Teknologi Artificial Intelligence (AI) kini tengah menjadi sorotan karena peran krusialnya dalam berbagai sektor, termasuk industri otomotif. Volkswagen, perusahaan otomotif asal Jerman, memiliki rencana untuk mengintegrasikan sistem ini dalam pembuatan prototipe digital terbaru dan fitur canggih.

Dilansir dari Reuters, Rabu, 31 Januari, perusahaan saat ini sedang dalam tahap pembicaraan dengan perusahaan teknologi internasional. Dalam persiapannya, Volkswagen telah mendirikan laboratorium AI untuk menghasilkan ide-ide produk terkini, termasuk kemungkinan kerja sama dengan perusahaan teknologi di Tiongkok, Amerika Utara, dan Eropa.

Tujuan utama perusahaan adalah menciptakan prototipe tahap awal di berbagai bidang, seperti fasilitas pengisian daya berbasis AI, layanan pemeliharaan prediktif, dan pengenalan suara, guna mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

“Tahap eksplorasi sudah dimulai dengan perusahaan teknologi internasional terkait proyek awal,” ungkap juru bicara Volkswagen.

Fasilitas ini nantinya tidak akan terintegrasi dalam unit perangkat lunak Volkswagen Cariad maupun merek lainnya, dengan tujuan untuk bergerak lebih cepat dibandingkan proses internal perusahaan lainnya. Meskipun begitu, prototipe tersebut akan tetap mendapat pengawasan dari dewan lab yang mencakup perwakilan dari berbagai merek di bawah Volkswagen Group, termasuk Volkswagen, Audi, serta Porsche.

Dengan langkah ini, perusahaan Jerman ini berencana memperluas pemanfaatan AI di industri otomotif setelah sebelumnya meluncurkan teknologi tersebut pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) 2024.

Pada CES 2024, pameran elektronik terkemuka di dunia, VW memperkenalkan kendaraan pertamanya yang menggunakan chatbot ChatGPT berbasis AI yang terhubung dengan asisten suara IDA milik perusahaan. Konsumen dapat dengan mudah mengakses database kecerdasan buatan yang mencakup semua model VW, dengan bantuan asisten suara IDA, serta melakukan penelitian terhadap konten yang dibacakan kepada mereka saat mengemudi. Teknologi ini dikembangkan oleh Cerence Chat Pro dari mitra teknologi Cerence Inc, yang menawarkan integrasi ChatGPT untuk otomotif.

Sistem kecerdasan buatan ini akan disematkan dalam teknologi infotainment terbaru pada beberapa model, seperti ID.7, ID.4, ID.5, ID.3, All New Tiguan, All New Passat, dan Golf terbaru. Fitur ini dijadwalkan menjadi perlengkapan standar mulai kuartal kedua 2024.