Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil asal Jerman Volkswagen mengumumkan mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) ChatGPT di semua lini model ID, serba listrik, Golf baru, Tiguan hingga Passat.

Nah kini anak usaha Volkswagen yakni Audi mengumumkan juga bahwa teknologi ChatGPT berbasis Artificial Intelligence (AI) akan hadir pada semua kendaraan produksi sejak tahun 2021. Disebutkan teknologi ini akan diimplementasikan melalui Microsoft Azure OpenAI Service pada infortainmen.

Vice President of Interior, Infotainment, and Connectivity Development Audi Marcus Keith, mengatakan teknologi ChatGPT ini akan digunakan melalui kontrol suara yang canggih sehingga dapat membantu para pemilik kendaraan untuk melakukan penyetelan personalisasi di kabin.

“Selain serangkaian fungsi yang dikontrol suara, pelanggan kami kini akan mendapatkan manfaat dari akses yang sederhana dan aman terhadap pengetahuan berbasis AI,” kata Keith dikutip dari laman resmi merek, Jumat, 28 Juni.

Pengemudi Audi dapat menggunakan kontrol suara yang ditingkatkan untuk mengoperasikan sistem infotainment, navigasi, AC, dan bahkan untuk mengajukan pertanyaan pengetahuan umum. Kemampuan untuk meminta informasi menggunakan bahasa alami membuat berkendara lebih aman, karena pengemudi tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan.

Audi juga telah meningkatkan asisten suara pada model dengan arsitektur E3 1.2 terbaru, salah satu contohnya pada Q6 e-tron. Pengguna hanya perlu mengucapkan ‘Hai Audi’ atau menggunakan tombol push-to-talk di bagian setir kemudi untuk ajukan pertanyaan.

Asisten Audi secara otomatis mengenali apakah akan menjalankan fungsi kendaraan, mencari tujuan, atau, misalnya, memberikan ramalan cuaca. Sistem Audi hanya meneruskan pertanyaan ke ChatGPT jika tidak dapat menjawab pertanyaan pengetahuan umum.

Namun, pengguna fitur ini tidak perlu khawatir mengenai data privasi. Merek dapat memastikan hal ini menjadi prioritas tertinggi untuk memastikan privasi optimal, semua pertanyaan dan jawaban akan dihapus setelah diproses. Apalagi ChatGPT tidak pernah memiliki akses ke data kendaraan.

ChatGPT tersedia melalui Layanan Azure OpenAI. Landasan fitur baru bagi pelanggan Audi ini adalah solusi Chat Pro dari Cerence Inc., yang menawarkan integrasi ChatGPT tingkat otomotif.

Sistem integrasi ini juga akan hadir pada model tahun 2021 berasis dari MIB 3, mulai dari Audi A3 pada Juli mendatang diikuti oleh beberapa model di masa mendatang.