Bagikan:

JAKARTA - Setelah resmi diperkenalkan pada bulan Mei, Honda Freed generasi terbaru akhirnya resmi meluncur di Jepang dengan menawarkan dua varian yaitu Air dan Crosstar.

Mengutip dari laman Paultan, Jumat, 28 Juni, Honda Freed generasi ketiga ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan pendahulunya, kini hadir dengan panjang 4.310 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.780 mm dengan jarak sumbu roda 2.740 mm.

5

Secara desain, mobil satu ini memiliki tampilan yang lebih modern, dari kap mesinnya lebih kecil serta dilengkapi dengan lampu LED berbentuk trapesium dengan dua garis daytime running light (DRL). Secara keseluruhan Honda Freed hadir dengan desain sederhana, dan untuk varian Crosstar terlihat lebih gagah berkat gril depan yang berbeda, bemper lebih tebal, roofbar hingga desain pelek yang lebih menarik.

7

Masuk ke dalam kabin, Freed generasi ketiga ini menawarkan kenyamanan. Untuk varian Air, pelanggan dapat memilih antara konfigurasi enam (tata letak 2+2+2) atau tujuh kursi (tata letak 2+3+2), tetapi Crosstar hanya dapat dimiliki dengan lima atau enam kursi.

3

Hal menarik yang ditawarkan Honda untuk generasi baru ini yaitu terdapat dashboard baru yang muncul seperti di N-Box, artinya klaster instrumen sudah tak ada lagi dan digantikan dengan tampilan digital.

Mobil satu ini hadir dengan dua mesin yang berbeda, pertama menampilkan mesin bensin empat silinder segaris L15D 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.000 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.300 rpm. Mesin DOHC i-VTEC ini dipadukan dengan CVT yang menggerakkan roda depan, dengan penggerak semua roda menjadi pilihan.

Powertrain lainya itu sistem  motor ganda e:HEV Honda dengan mesin bensin empat silinder segaris LEB 1,5 liter NA yang menghasilkan tenaga 106 PS dan 127 Nm. Mesin tersebut terutama bertindak sebagai generator untuk baterai lithium-ion 48-Ah, yang kemudian menggerakkan motor listrik yang dipasang di depan dengan tenaga 123 PS dan 253 Nm.

Bicara harga, pabrikan berlogo H ini menawarkan Freed generasi terbaru paling murah dari 2.508.000 yen atau kisaran Rp256 jutaan, dan termahal menyentuh 3.295.000 yen atau sekitar Rp336 jutaan.