Bagikan:

JAKARTA - Morris Garage (MG) akan memperluas jajaran mobil listriknya di India dengan meluncurkan model MG Cloud EV atau sebagai Wuling Cloud EV di Indonesia.

Diketahui kedua produsen, MG dan Wuling, berada di bawah naungan yang sama, yaitu Automotive Industry Corporation (SAIC), sehingga mereka sering berbagi platform. Di India, MG telah meluncurkan model Comet EV yang merupakan versi sama dari Wuling Air EV di Indonesia.

Mengutip dari laman Autocar India, Kamis, 27 Juni, MG Cloud EV diperkirakan akan segera diluncurkan. Mobil ini tertangkap kamera sedang diuji di jalan dengan jubah kamuflase dan tulisan 'Intelligent CUV' pada bodi sampingnya.

Secara spesifikasi, Cloud EV memiliki dimensi panjang 4.300 mm dengan wheelbase 2.700 mm, menampilkan desain yang sangat modern dan futuristik. Bagian samping mobil ini menonjolkan desain aerodinamis, dilengkapi dengan Multifunctional Rearview Mirror dan Hidden Inductive Door Handles yang menambah kesan sleek pada pintu.

MG Cloud EV akan tersedia dalam dua pilihan paket baterai: 37,9 kWh dan 50,6 kWh, dengan jangkauan mulai dari 360 hingga 460 km. Mobil ini ditenagai oleh motor sinkron magnet permanen yang dipasang di gandar depan, menghasilkan 134 hp. Namun, belum dapat dipastikan versi mana yang akan tersedia untuk pasar India.

Dari segi harga, MG Cloud EV diperkirakan akan dijual di bawah 2 juta rupee atau sekitar Rp384 juta, yang akan menjadi pesaing Nexo EV dan Mahindra XUV400. Di Indonesia, harga Wuling Cloud EV saat ini mencapai Rp389 juta, sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang ada di India.

3
Wuling Cloud EV.(Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

VOI juga pernah berkesempatan mencoba mobil ini di Indonesia. Wuling menyediakan beberapa mode berkendara sesuai kebutuhan pengguna. Dalam mode Eco+, mobil hanya dapat berjalan dengan kecepatan maksimal hingga 80 km/jam. Sementara dalam mode Eco hingga Sport, mobil bisa mencapai kecepatan hingga 150 km/jam.

Cloud EV memiliki respons akselerasi yang baik saat pedal gas diinjak, terutama dalam mode Normal maupun Sport. Mobil ini dapat dengan mudah mencapai kecepatan 70-80 km/jam.

Interior mobil ini menawarkan kabin yang berkelas dengan dilapisi kulit halus berkualitas. Dasbor yang rapi memudahkan pengguna menaruh barang dengan mudah. Mengusung konsep "Home Life Space", mobil ini menawarkan kenyamanan dan kelembutan yang ditonjolkan melalui desain bangku Italian Bubble Sofa Style yang dapat diatur secara elektrik dalam enam arah di bagian belakang, sehingga penumpang dapat beristirahat dengan nyaman.