Bagikan:

JAKARTA - Hyundai resmi memperkenalkan mobil listrik terbaru mereka, INSTER, pada ajang Busan International Mobility Show 2024. INSTER hadir sebagai mobil listrik sub-kompak yang menawarkan desain berani, interior lapang, teknologi canggih, jangkauan mengesankan.

Penempatannya yang ringkas memberikan peningkatan efisiensi dibandingkan model yang lebih besar.

Melansir dari laman pabrikan, Kamis, 27 Juni, INSTER akan diluncurkan pertama kali di Korea pada musim panas ini, diikuti oleh Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik. Spesifikasi lebih lanjut akan diumumkan menjelang penjualannya.

Mobil ini disebut mengambil basis dari Casper bertenaga bensin yang dijual secara khusus di Korea Selatan. Inster didukung oleh bodi dan wheelbase lebih panjang sehingga tawarkan interior yang lebih lega dan tampilan kokoh.

7

“Dengan INSTER, kami telah membawa citra SUV kecil ke posisi baru yang berani bagi khalayak global,” kata Head of the Hyundai Design Center Simon Loasby.

Hyundai Inster memiliki beberapa elemen eksterior yang unik dan kompak, mulai dari sepatbor yang halus, bumper berdesain modern, serta skid plate berperan dalam menyempurnakan desain di bagian depan dan belakang.

7

Aura modern terpancar pada lampu LED DRL dengan sinyal lampu sein bergrafis piksel. Tampilan Inster semakin terasa Istimewa dengan penggunaan warna two-tone di luarnya. Pabrikan menghadirkannya dengan pelek 15 inci atau 17 inci.

Pabrikan berlogo ‘H’ miring ini memiliki pilihan warna Atlas White, Tomboy Khaki, Bijarim Khaki Matte, Sienna Orange Metallic, Aero Silver Matte, Dusk Blue Matte, Buttercream Yellow Pearl, dan Abyss Black Pearl.

Berpindah ke bagian dalam, pengemudi disambut dengan layar digital kluster dan infotainmen layar sentuh masing-masing berukuran 10,25 inci yang menawarkan fitur navigasi dan pengisian daya nirkabel.

5

Seperti eksterior, bagian interior juga dihiasi dengan sentuhan grafis piksel pada setir kemudi yang memperkuat citra mobil berteknologi tinggi. Desain interiornya juga dilengkapi hiasan trim pintu atas yang dapat disesuaikan agar pemilik dapat lebih mempersonalisasi kendaraannya.

Hyundai menawarkan sejumlah warna trim pada bagian interior terdiri dari Black, Khaki Brown, dan Newto Beige.

4

Baik ekserior maupun interior memiliki material ramah lingkungan. Bodi pada Inster menampilkan cat daur ulang hitam mengkilap ang menggantikan pigmen karbon hitam yang biasanya digunakan dalam cat hitam dengan pewarna yang terbuat dari limbah ban daur ulang.

Interiornya sendiri menggunakan bahan daur ulang Polietilen Tereftalat (PET) berasal dari botol dan bahan bio-polipropilena yang diekstraksi dari tebu.

Hyundai Inster dibekali dengan fitur canggih seperti sistem ADAS, terdiri dari Surround View Monitor (SVM), Parking Collision-Avoidance Assist Rear (PCA-R), Blind-spot View Monitor (BVM), Forward Collision-Avoidance Assist 1.5 (FCA 1.5), dan lainnya.

Model ini dtawarkan dalam dua varian powertrain, yakni dengan tenaga 71,1 kW pada varian dasar dan 84,5 kW pada tipe long-range. Keduanya ditawarkan dengan torsi 147 Nm.

Soal jarak tempuh, Inster memiliki baterai 42 kWh pada tipe dasar dan 49 kWh pada tipe Long Range. Dengan demikian, model ini tawarkan jarak tempuh hingga 355 km menurut WLTP pada tipe Long Range dengan konsumsi energi 15,3 kWh/100 km.

Model berukuran kompak ini miliki kemampuan mengisi daya dengan DC fast-charger 120 kW dari 10 ke 80 persen dalam 30 menit. Hyundai Inster juga kompatibel dengan pengisian daya onboard AC 11 kW.