Hanya Sediakan Ioniq 6 dengan Penggerak AWD, HMID: Pasar Indonesia Cocok dengan Itu
Para petinggi Hyundai Motors Indonesia (HMID) berfoto dengan Hyundai Ioniq 6 di ICE BSD, Tangerang. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Hyundai secara resmi memperkenalkan Hyundai Ioniq 6 ke pasar Indonesia dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Kehadiran Hyundai Ioniq 6 di Indonesia adalah hasil dari kesuksesan pendahulunya, Ioniq 5, yang menjadi salah satu mobil listrik paling populer di tanah air.

Namun demikian, Hyundai hanya menawarkan satu varian untuk sedan listrik ini, yakni varian All-Wheel Drive (AWD), yang merupakan salah satu varian tertinggi dari model ini.

Meskipun begitu, tampaknya Hyundai percaya diri dengan pilihan ini. Franciscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), menjelaskan bahwa perusahaan telah merencanakan peluncuran sedan listrik ini secara matang. Ia juga menyatakan bahwa varian AWD merupakan pilihan yang cocok untuk kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Hyundai Ioniq 6 memiliki dimensi dengan panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.495 mm, dan wheelbase 2.950 mm. Dengan ukuran tersebut, Ioniq 6 menawarkan kenyamanan bagi pengguna.

Berbeda dengan pasar Malaysia yang memiliki dua tipe, HMID memutuskan untuk menyediakan satu varian saja untuk Ioniq 6, yaitu varian All-Wheel Drive (AWD). Mobil ini diharapkan menjadi pesaing bagi mobil seperti Tesla Model 3 dan Mercedes-Benz EQE Sedan.

Varian AWD dilengkapi dengan motor listrik ganda yang menggerakkan semua roda, menghasilkan tenaga kombinasi hingga 320 dk dan torsi 605 Nm. Mobil ini memiliki performa yang mengesankan dengan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 5,1 detik.

Tenaga dari motor listrik dipasok oleh baterai lithium-ion polymer berkapasitas 77,4 kWh, yang memberikan jangkauan hingga 519 km.

Berkat platform E-GMP, yang memiliki kemampuan menangani tegangan hingga 800V, Hyundai Ioniq 6 dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 18 menit melalui pengisian daya cepat DC 350 kW.

Hyundai Ioniq 6 tersedia dalam berbagai pilihan warna, termasuk Abyss Black Pearl, Biophilic Blue Pearl, Curated Silver Metallic, Digital Green Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Gray Matte, Serenity White Pearl, dan Ultimate Red Metallic.

Harga Hyundai Ioniq 6 AWD dijual seharga Rp1,197 miliar On The Road DKI Jakarta. Pilihan warna Matte memerlukan tambahan biaya sebesar Rp3,5 juta.