Bagikan:

JAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), distributor kendaraan Hyundai di Indonesia, telah sukses memperkenalkan sedan listrik terbaru mereka, Ioniq 6, dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 beberapa waktu yang lalu.

Berbeda dengan saudaranya, Ioniq 5, sedan listrik ini merupakan produk yang sepenuhnya dirakit (CBU) di Korea Selatan, sehingga harganya cukup tinggi, mencapai Rp1,197 miliar On The Road DKI Jakarta.

Meskipun harganya mahal, minat konsumen di Indonesia terhadap Ioniq 6 ternyata cukup tinggi. Hyundai mengklaim bahwa sudah ada pesanan sebanyak 200 unit.

Astrid Ariani Wijana, Kepala Departemen Pemasaran PT HMID, mengungkapkan kejutan mereka atas jumlah pemesanan yang tinggi ini, serta bahwa Ioniq 6 mengisi segmen yang belum terpenuhi oleh pabrikan lain dalam kategori sedan listrik.

“Ioniq 6, sebagai kendaraan CBU, mengisi segmen yang berbeda dalam dunia mobil listrik. Dari segi desain, Ioniq 6 lebih menyerupai sedan sport yang kami sebut sebagai electrify streamliner,” kata Astrid, dikutip dari ANTARA, Selasa, 29 Agustus.

Meskipun jumlah pemesanan banyak, HMID memastikan bahwa masa tunggu untuk mendapatkan Ioniq 6 tidak akan terlalu lama, sehingga pelanggan dapat segera menikmati kendaraan ini di jalan raya.

“Pada dasarnya, dengan pesanan 200 unit ini, meskipun belum sampai setahun, masa tunggu mungkin hanya sebulan atau dua bulan maksimal," tambah Astrid.

Hyundai Ioniq 6 memiliki dimensi dengan panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 1.495 mm, dan jarak sumbu roda 2.950 mm, memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.

HMID menyajikan satu varian untuk Ioniq 6, yaitu All-Wheel Drive (AWD), yang dianggap sebagai pesaing dari Tesla Model 3 dan Mercedes-Benz EQE Sedan.

Varian AWD ini dilengkapi dengan dua motor listrik penggerak semua roda yang menghasilkan tenaga gabungan hingga 320 dk dan torsi sebesar 605 Nm. Ini memungkinkan Ioniq 6 untuk mencapai 0-100 km/jam dalam waktu 5,1 detik.

Daya listrik berasal dari baterai lithium-ion polymer berkapasitas 77,4 kWh, yang memungkinkan jangkauan maksimal hingga 519 km.

Dengan dasar platform E-GMP, arsitektur ini dapat menerima tegangan hingga 800V, yang memungkinkan Ioniq 6 untuk mengisi daya dari 10% ke 80% dalam waktu 18 menit menggunakan sistem pengisian daya cepat DC 350 kW.

Hyundai Ioniq 6 tersedia dalam berbagai pilihan warna, termasuk Abyss Black Pearl, Biophilic Blue Pearl, Curated Silver Metallic, Digital Green Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Gray Matte, Serenity White Pearl, dan Ultimate Red Metallic.