Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan patungan antara Toyota dan GAC atau GAC Toyota akan mengadopsi solusi mengemudi cerdas dari startup lokal Momenta di China.

Mengutip dari laman CNevpost, pengumuman resmi perusahaan di Weibo mengungkapkan GAC Toyota dan Momenta akan bersama-sama menciptakan solusi berkendara cerdas dengan skenario lengkap dan menyeluruh, yang dapat digunakan di jalan mana pun di China.

"Toyota bZ3X akan menjadi yang pertama menampilkan solusi berkendara cerdas yang dapat digunakan di jalan kota, jalan raya, dan skenario parkir," ungkap GAC Toyota.

Tak banyak rincian detail yang diungkapkan, namun diperkirakan rincian lebih lanjut akan diumumkan pada GAC Toyota Technology Open Day pada tanggal 28 Juni.

Kabar ini juga membenarkan rumor yang sebelumnya beredar, berdasarkan laporan dari media lokal Tencent News mengutip orang-orang yang mengetahui masalah ini yang mengatakan bahwa model global Toyota akan menggunakan solusi yang dikembangkan bersama oleh Huawei dan Momenta.

"Solusi ini berbeda dari sistem mengemudi berbantuan ADS milik Huawei yang sudah ada, di mana Momenta dan Huawei masing-masing menyediakan solusi perangkat lunak dan perangkat keras, dan ketiga pihak bekerja sama untuk melakukan integrasi," tulis laporan tersebut.

Kolaborasi Momenta dengan Toyota bukan hal baru, sebab startup asal China itu sudah menjalin kerja sama dengan Toyota sejak 2020 lalu.

Pada 18 Maret 2020 lalu, Momenta mengumumkan kemitraan strategis dengan Toyota untuk menyediakan peta HD dan layanan pembaruan berdasarkan teknologi penglihatan kamera kepada pembuat mobil, dan bersama-sama mempromosikan komersialisasi Platform Pemetaan Otomatis (AMP) Toyota di China.