Bagikan:

JAKARTA - MG Motor India tampaknya semakin serius menggarap pasar mobil listrik untuk pasar lokal, terbukti dari pendaftaran paten mobil barunya yaitu MG Bingo sebuah hatchback yang akan bersaing dengan Tiago EV di India.

Mengutip dari laman Autocar India, paten yang didaftarkan di India sama halnya dengan model yang ada di Indonesia yaitu Wuling BingouEV. Ya, perlu diketahui, MG dan Wuling memang berada di bawah payung yang sama yaitu SAIC Motor.

Bahkan, pada tahun lalu MG Motor India meluncurkan MG Comet EV yang memang merupakan kembaran dari Wuling Air ev yang juga hadir di Indonesia. Secara desain eksteriornya tidak ada yang berbeda, hanya saja terdapat perubahan pada motor elektriknya untuk di India mencapai 42 dk dan torsinya 110 Nm dan di Indonesia tenaganya 40,3 dk dan torsinya 110 Nm.

Balik lagi ke MG Bingo, mobil satu ini pertama kali memulai debutnya di China yang diposisikan sebagai hatchback lima pintu dengan banyak permukaan melengkung dan elemen unik, tetapi interiornya cukup familiar karena Bingo memiliki beberapa kesamaan dengan Comet. Termasuk pengaturan layar ganda untuk infotainment dan instrumentasi, roda kemudi serta tombol dan tangkai kontrol lainnya. Ia juga memiliki sentuhan krom halus dan potongan lembut di bagian dalam, yang membuat mobil ini terlihat lebih premium.

Lebih detailnya, mobil satu ini memiliki dimensi  panjang 3.950 mm, lebar 1.708 mm, dan tinggi 1.580 mm dengan jarak sumbu roda 2.560 mm. 

Untuk pasar Indonesia, BingouEV tersedia dalam dua varian yaitu Long Range dengan jarak tempuh 333 km dan Premium Range 410 km. Untuk varian Long Range 333 km, dilengkapi baterai berkapasitas 31,9 kWh, sedangkan Premium Range 410 km memiliki baterai berkapasitas 37,9 kWh. Selain itu, motor elektrik pada masing-masing varian ini mempunyai tenaga yang sama, yaitu 50 kW.

Terkait peluncuran di India, MG Motor India saat ini sedang sibuk dengan peluncuran Cloud EV yang diperbarui, dan kemungkinan besar mobil satu ini akan meluncur tahun depan di India.