Peugeot Gunakan ChatGPT untuk Komunikasi dalam Mobil dan Van Baru
ChatGPT bakal menjadi peralatan standar di Peugeot. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Peugeot, salah satu merek dari Stellantis, mengumumkan rencananya untuk menggunakan ChatGPT untuk meningkatkan asisten suara dalam mobil dan van mereka. Hal ini diungkapkan oleh merek asal Prancis tersebut pada Selasa, 30 Januari. Langkah ini menyusul langkah-langkah serupa dari pesaing seperti Volkswagen dan Mercedes-Benz yang telah memanfaatkan chatbot AI yang populer tersebut.

"Kami akan memperkenalkan ChatGPT dalam semua mobil, termasuk model baru e-3008, dan kendaraan komersial kecil," kata Jerome Micheron, direktur Rencana Produk Peugeot, dalam jumpa pers.

Peugeot akan meluncurkan versi uji coba dari layanan ChatGPT, yang akan dapat terhubung ke kontrol kendaraan dan menjawab banyak pertanyaan umum atau terkait navigasi, pada Rabu 31 Januari di lima negara - Prancis, Inggris, Jerman, Italia, dan Spanyol. Layanan ini direncanakan akan menjadi peralatan standar tahun ini.

Tahun lalu, Mercedes-Benz memulai uji coba di Amerika Serikat yang memungkinkan pengemudi menggunakan ChatGPT, dengan tujuan memberikan respon yang lebih alami dan menangani pertanyaan mulai dari detail tujuan hingga saran makan malam.

Volkswagen  juga  mengumumkan awal bulan ini bahwa pada pertengahan tahun, asisten suara mereka akan mengintegrasikan ChatGPT untuk memfasilitasi dialog interaktif dengan pengemudi.

Peugeot juga mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan jaminan delapan tahun untuk model e-3008, dibandingkan dengan jaminan dua tahun saat ini untuk mobil mereka, dengan harapan mendorong lebih banyak pengemudi untuk beralih ke mobil listrik.