Pertamax Green 95 Dapat Digunakan Pada Mobil Peugeot di Indonesia
Peugeot 2008. (Dok. Peugeot)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Pertamina menghadirkan inovasi baru dengan meluncurkan bahan bakar Pertamax Green 95. Bahan bakar terbaru ini menggabungkan Pertamax dengan bioetanol (E5) dengan kandungan sebanyak 5 persen.

Kehadiran Pertamax Green 95 mendapat sambutan positif dari beberapa produsen otomotif di Indonesia, termasuk Peugeot.

Aidil FB Swastomo, Kepala Departemen Aftersales Astra Peugeot, menyatakan bahwa mobil-mobil Peugeot yang dijual di Indonesia telah sesuai untuk menggunakan Pertamax Green 95 yang mengandung E5. Bahkan, model-model seperti Peugeot 5008, 3008, dan 2008 telah terbukti kompatibel dengan bahan bakar E10.

"Dengan senang hati kami informasikan kepada konsumen di Indonesia bahwa jajaran SUV Peugeot sudah kompatibel dengan BBM E5," ungkap Aidil dalam keterangannya, Rabu, 23 Agustus.

Tentunya, para teknisi dari Peugeot telah melakukan perhitungan matang untuk memastikan bahwa model-model mereka sesuai dengan BBM baru ini, termasuk untuk pasar di kawasan Asia Tenggara.

Pertamina telah memperkenalkan produk BBM baru dengan RON 95 yang mencampurkan bioetanol yang berasal dari singkong. Dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah melakukan penelitian sejak tahun 2008 untuk memastikan bahwa pencampuran BBM dengan bioetanol dapat digunakan dengan aman pada kendaraan.

Sebagai distributor kendaraan Peugeot di Indonesia, Astra Peugeot telah menyediakan berbagai model yang kompatibel dengan bahan bakar ini, termasuk 2008, 3008, dan 5008 untuk pelanggan di tanah air.

Sementara, induk perusahaan Peugeot yaitu Stellantis juga tengah berupaya mengembangkan mesin yang sesuai dengan bahan bakar bersih, seperti e-fuels.

Dengan langkah ini, perusahaan multinasional ini bertujuan mendukung perjalanan menuju karbon netral pada tahun 2038. Stellantis juga telah menegaskan komitmennya untuk menjual kendaraan listrik sepenuhnya pada akhir dekade ini di Eropa.

Selain itu, Peugeot juga telah merencanakan peluncuran lima mobil listrik dalam dua tahun ke depan termasuk memperkenalkan teknologi hybrid baru dengan MHEV 48v yang akan digunakan pada model 208, 2008, 308, 3008, 5008, dan 408 tahun ini.