Bagikan:

JAKARTA - Merek otomotif dari Prancis, Peugeot umumkan akan meluncurkan versi listrik dari crossover 408 dalam perhelatan Paris Motor Show 2024 pada bulan depan.

Kehadiran model tersebut sekaligus memperkuat posisi brand dalam memperbanyak opsi kendaraan listrik murni di pasar Eropa dalam waktu jangka menengah.

Melansir dari Autocar, Kamis, 26 September, mobil yang akan diberi nama E-408 diperkirakan akan mengusung powertrain yang sama seperti E-308 dengan motor listrik tertanam pada bagian depan bertenaga 154 dk yang membuatnya berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 9,8 detik.

Kemudian, sistem ini akan bekerja sama dengan paket baterai 54 kWh yang memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 267 mil atau setara 429 km dalam sekali pengisian daya dan dapat diisi dayanya dengan perangkat fast-charging DC 100 kW.

Diperkirakan E-408 akan dijual sekitar 40.000 poundsterling atau setara Rp810,8 juta dan siap bersaing dengan model seperti Tesla Model Y yang dibanderol senilai 44.990 poundsterling (setara Rp912 juta).

Kemungkinan besar crossover ini akan dibekali dengan sistem Artificial Intelligence (AI) yang canggih dengan memanfaatkan ChatGPT, yang dimana perangkat tersebut akan menjadi standar baru bagi kendaraan terkini merek Peugeot.

Sistem ChatGPT akan terintegrasi dalam i-Cockpit. Dengan mengucapkan "OK Peugeot", pengguna dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban serta fitur inovatif lainnya dari ChatGPT. Teknologi ini telah diuji coba pada awal tahun ini dengan melibatkan lebih dari 10.000 pelanggan.

ChatGPT kini telah tersedia dalam beberapa model, salah satunya 408. Pada akhir tahun ini, sistem tersebut juga akan tersedia pada model 3008 dan 5008. Pemilik kendaraan dapat melakukan pembaruan secara over-the-air untuk mendapatkan teknologi ini tanpa perlu mengunjungi dealer.

Merek berlogo singa tersebut telah menghadirkan sistem ini di beberapa pasar di Eropa, termasuk Jerman, Austria, Spanyol, Prancis, Italia, Portugal, dan Inggris.