Bagikan:

JAKARTA – Sejak peluncuran iOS 12, Apple telah memperkenalkan fitur Durasi Layar. Fitur ini merupakan alat yang tepat bagi orang tua untuk memantau aktivitas anak saat bermain iPhone dan iPad.

Dengan adanya fitur ini, para orang tua bisa mendapatkan informasi mengenai aplikasi atau situs web yang anaknya kunjungi. Mereka juga bisa mengontrol durasi penggunaan berbagai macam aplikasi di perangkat yang anaknya gunakan.

Seiring peningkatan sistem operasi (OS) pada iPhone dan iPad, fitur dari Durasi Layar ini juga ditingkatkan oleh Apple. Sayangnya, berbagai peningkatan ini telah menghilangkan dua fitur yang cukup penting bagi para orang tua.

Fitur pertama yang dihilangkan adalah akses kontak baru yang mudah. Sebelumnya, ketika fitur Durasi Layar diaktifkan, anak-anak hanya bisa menerima atau mengirimkan pesan dari kontak yang orang tuanya setujui dan caranya sangat mudah.

Namun, fitur ini menjadi lebih rumit dan pesan hanya bisa dibuka ketika kontak sudah disimpan. Padahal, sebelumnya orang tua hanya perlu memasukkan kata sandi untuk memastikan pengirim pesannya terlebih dahulu baru menambahkan kontak pengirimnya.

Fitur lainnya yang hilang adalah fitur menonaktifkan penghapusan pesan. Pada versi Durasi Layar terbaru, menghapus pesan menjadi lebih mudah karena tidak perlu memasukkan kode sandi. Namun, tidak semua orang tua suka dengan kemudahan ini.

Mereka mungkin ingin melihat pesan yang anaknya hapus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sayangnya, fitur menonaktifkan penghapusan pesan ini sudah tidak ada dan semua pesan yang dihapus akan masuk ke bagian Baru Dihapus.

Pada penyimpanan Baru Dihapus, seluruh pesan tidak akan terhapus selama sebulan. Para orang tua bisa mengakses penyimpanan tersebut, tetapi dengan kode sandi Durasi Layar. Setelah lebih dari tiga puluh hari, seluruh pesan akan terhapus secara otomatis.