Cara Membuat Avatar WhatsApp dengan Foto Sendiri, Mudah Banget!
Cara membuat avatar WhatsApp dengan foto sendiri

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pilihan foto profil menjadi hal penting bagi pengguna aplikasi WhatsApp. Salah satu cara menarik untuk menampilkan profil adalah memakai avatar dari foto sendiri. Namun belum banyak yang tahu cara membuat avatar WhatsApp dengan foto sendiri. 

Foto profil dengan avatar diri sendiri sedang menjadi tren sejak beberapa waktu belakangan. Dengan memasang gambar avatar, Anda bisa menunjukkan tampilan profil yang menarik dan tampak lebih kekinian. Lantas bagaimana cara membuat avatar WhatsApp dengan foto sendiri di ponsel Android dan iPhone?

Cara Membuat Avatar WhatsApp dengan Foto Sendiri

Saat ini sudah banyak orang yang pilih memakai avatar dari foto sendiri untuk dipasang sebagai foto profil WhatsApp. Penggunaan avatar WhatsApp ini bisa diterapkan di ponsel iPhone maupun Android. 

Membuat avatar untuk foto profil WhatsApp dilakukan melalui menu ‘Avatar’. Bagi Anda yang ingin menampilkan foto profil lebih menarik, berikut ini cara membuat avatar WhatsApp dengan foto sendiri:

  1. Silakan buka menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ di aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel Anda.
  2. Kemudian pilih menu ‘Avatar’.
  3. Pilih opsi ‘Buat Avatar Anda’, lalu akan diarahkan ke halaman untuk memulai pembuatan avatar.
  4. Pilih ‘Mulai’, lalu akan diarahkan ke halaman untuk pilihan membuat avatar dengan foto ‘ambil foto’ dan ‘‘buat secara manual’.
  5. Untuk membuat avatar dari foto sendiri, silakan pilih ‘Ambil Foto’.
  6. Posisikan wajah Anda di lingkaran tangkapan kamera, kemudian klik gambar kamera untuk pengambilan foto.
  7. Tunggu beberapa saat proses loading.
  8. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman pilihan warna kulit. Silakan pilih warna kulit yang Anda inginkan, kemudian klik ‘Berikutnya’.
  9. Sistem akan melanjutkan proses membuat dan menyimpan avatar Anda.
  10. Hasil avatar Anda pun muncul dan sudah bisa digunakan.
  11. Anda bisa memilih opsi ‘Buat editan lainnya’ untuk menambahkan editan tampilan wajah Anda. Ada fitur untuk mengubah gaya rambut, bentuk wajah, garis rahang, tahi lalat, bentuk mata, riasan, alis, pakaian, aksesoris, dan lainnya. 
  12. Jika Anda tidak ingin mengubah atau menambahkan editan, bisa langsung klik ‘Selesai’.
  13. Avatar Anda pun diperbarui dan telah tersimpan di profil WhatsApp Anda.

Cara Menggunakan Avatar Diri Sendiri untuk Foto Profil WhatsApp

Setelah membuat avatar dari foto diri sendiri, WhatsApp tidak secara otomatis memasangkannya sebagai foto profil. Anda perlu mengatur perubahan foto profil secara manual.

Berikut ini langkah-langkah menggunakan avatar diri sendiri untuk foto profil WhatsApp:

  1. Silakan masuk kembali ke menu ‘Pengaturan’ di WhatsApp.
  2. Kemudian klik ‘Avatar’.
  3. Di halaman menu avatar sudah terdapat avatar yang baru saja Anda buat. Kemudian pilih opsi ‘Buat Foto Profil’.
  4. Anda diarahkan ke halaman yang menampilkan sejumlah pilihan gambar avatar Anda dengan berbagai gaya dan ekspresi wajah. 
  5. Silakan pilih avatar yang Anda inginkan. Anda juga bisa memilih latar belakang untuk profil menggunakan avatar tersebut. 
  6. Selanjutnya tinggal klik ‘Selesai’ dan avatar Anda akan terpasang sebagai foto profil.

Bagaimana sangat mudah kan membuat avatar WhatsApp dengan foto diri sendiri? Anda juga bisa menghapus avatar yang sudah dibuat dengan klik opsi ‘Delete Avatar’ dan menggantinya dengan membuat avatar yang baru. 

Menariknya lagi, Anda juga bisa mengirim stiker WA dari avatar yang sudah Anda buat. Untuk mengirim sticker avatar Anda, silakan buka kolom emotikon dan pilih ikon “Avatar” yang berada di sebelah kanan kolom “Sticker”. 

Perlu diperhatikan bahwa cara membuat avatar di WhatsApp ini hanya bisa dilakukan dengan aplikasi WA versi terbaru untuk Android maupun iOS iPhone.

Demikianlah cara membuat avatar WhatsApp dengan foto sendiri di ponsel Android dan iPhone. Segera buat avatar Anda untuk menampilkan foto profil yang lebih menarik dan kekinian. Baca juga artikel cara pin pesan penting di WhatsApp.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.