Mudah! Begini Cara "Pin" Pesan Penting di WhatsApp
WhatsApp hadirkan fitur Pinned Message (foto: dok. WhatsApp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – WhatsApp memiliki fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan pesan penting. Fitur tersebut diberi nama Pinned Messages. Lewat fitur ini, pengguna bisa menyempatkan pesan penting agar tersimpan di bagian atas percakapan dalam rentang waktu tertentu. Lantas, bagaimana cara ‘pin’ pesan penting di WhatsApp?

Sebagai informasi, penggunaan fitur Pinned Messages lebih praktis dari Starred Message.

Dengan fitur Sematkan Pesan, pengguna WhatsApp akan lebih mudah menemukan pesan atau chat penting, sebab pesan tersebut tersimpan di bagian atas ruang obrolan.

Sedangkan pesan yang ditandai dengan fitur Starred Message harus dicari terlebih dahulu melalui beberapa langkah.  

Selain itu, fitur ini juga berbeda dengan fitur Pinned Chat yang sudah lebih dulu dihadirkan WhatsApp pada awal 2023 silam.

Fitur Pinned Chat berguna untuk menyematkan pesan yang dikirim seseorang dalam percakapan pribadi atau di dalam grup, sehingga pesan tersebut mudah ditemukan.

Sedangkan fitur Pinned Message berfungsi untuk menyematkan atau menancapkan chat prioritas supaya lebih mudah diakses kapan saja dan tidak tertimbun.

Cara Menggunakan Fitur Pin WhatsApp

Cara Pin Pesan Penting di WhatsApp

Cara sematkan pesan penting di WhatsApp terbilang sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Masuk ke sebuah jendela percakapan
  • Cari pesan yang menurut Anda penting
  • Kemudian, klik dan tahan pesan tersebut
  • Setelah itu, klik ikon titik tiga di bagian atas jendela percakapan
  • Pilih menu “Pin”
  • Pesan penting berhasil disematkan

Fitur Pinned Message tidak dapat menyematkan pesan atau chat penting secara permanen. Pesan yang di-pin, hanya bisa bertahan paling lama satu bulan. Sementara jumlah pesannya hanya bisa satu.

Selain itu, tidak semua anggota suatu grup obrolan bisa menyematkan pesannya. Hal ini tergantung pada admin grup apakah ia mengizinkan penyematan pesan atau tidak.

Fitur Pinned Message sudah bisa digunakan pada aplikasi WhatsApp versi terbaru, yakni 2.23.13.11. Oleh sebab itu, bila Anda belum berhasil menemukan fiitur ini di WhatsApp, maka kemungkinan besarnya aplikasi WhatsApp Anda belum di-update ke versi terbaru.

Fungsi Fitur Pinned Message di WhatsApp

Fungsi utama dari fitur Pinned Message adalah menyematkan pesan penting supaya tersimpan di bagian paling atas jendela percakapan.

Dalam penggunaannya, fitur ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti menyematkan pesan yang berisi alamat rumah, jadwal suatu kegiatan, dan beragam informasi penting lainnya.

Dengan adanya fitur ini, pengguna WhatsApp tidak perlu repot-repot menggulirkan (scroll) layar mereka, atau mencari pesan tersebut dengan fitur Search, bila ingin mencari pesan atau chat penting di suatu percakapan WhatsApp.

Demikian informasi tentang cara pin pesan penting di WhatsApp. Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di VOI.ID.