Beralih dari WhatsApp, Ini Panduan Gunakan Signal
Aplikasi Signal (Getty Image/Thomas Trutschel)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi pesan privat Signal kini tengah jadi sorotan. Bahkan, kini aplikasi pengiriman pesan Signal tengah merajai App Store –mengungguli Telegram dan WhatsApp.

Berdasarkan temuan firma Sensor Tower, angka pengguna aplikasi Signal meningkat hingga 4.200 persen usai WhatsApp membagikan pembaruan Kebijakan Privasi Pengguna.

“Dari 6 Janurai hingga 10 Januari, Signal diunduh kurang lebih 7,5 juta pengguna, baik lewat App Store maupun Google Play Store,” ujar perwakilan Sensor Tower kepada wartawan Business Insider, Rabu, 13 Januari.

Dari segi fitur, Signal dibekali layanan yang serupa dan bisa ditemukan dari aplikasi sejenis lain. Hanya saja, dirancang dengan user interface yang sedikit berbeda kerap membuat pengguna pemula merasa kebingungan.

Oleh karena itu, tim VOI sudah merangkum dari berbagai sumber terkait fitur dan tips menggunakan Signal.

Aplikasi Signal (Signal)

Setup Awal Aplikasi Signal

Aplikasi Signal bisa Anda unduh dari Google Play Store maupun Apple App Store. Sama seperti WhatsApp, Anda membutuhkan nomor dari kartu SIM yang aktif untuk bisa mengaktifkannya. Setelah Anda memasukkan nomor terlepon, maka Signal akan mengirimkan kode verifikasi via aplikasi penerima pesan.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengatur akun Signal. Mulai dari mengisi nama akun, foto profil, serta melihat daftar kontak yang sudah menggunakan aplikasi chat ini.

Fungsi PIN yang Terus Muncul Setiap Membuka Aplikasi

Ketika Anda mengatur akun untuk pertama kalinya, Signal bakal meminta untuk mengatur PIN. Berdasarkan penjelasan dari dalam aplikasi, fitur PIN merupakan bentuk layanan keamanan untuk menjaga informasi akun tetap tersimpan di satu perangkat.

Melalui fitur PIN, Signal juga memastikan jika cuma Anda, sebagai pengguna, yang bisa mengakses informasi akun. Alhasil, ketika Anda ingin mengembalikan data Signal yang sebelumnya sudah di-uninstall, cukup masukkan PIN keamanan saja.

Tersedia pula pilihan untuk mematikan fitur PIN. Cara untuk mematikan fitur ini lewat Android maupun iOS tidak berbeda. Anda cukup masuk ke menu Pengaturan, buka menu Privacy, lalu tap pilihan Pin Reminders. Di dalamnya, Anda akan menemukan pilihan untuk menonaktifkan fitur keamanan Signal ini.

Aplikasi Signal (Instagram @TimeScreents)

Buat Pesan Menghilang Setelah Dibaca Penerima

Semua aplikasi chatting menyediakan layanan untuk menghapus pesan. Hanya saja, sebagian besar hanya bisa dilakukan secara manual. Artinya, Anda harus memilih pesan apa yang ingin dihapus, lalu jalankan langkah-langkah untuk menghapus pesan tersebut.

Pada aplikasi Signal, layanan ini mendapat peningkatan. Sebagaimana fitur baru pada Messenger atau DM Instagram, setiap pesan yang dikirimkan bisa langsung terhapus secara otomatis lewat Signal.

Hanya saja saja, Anda perlu mengaktifkan pengaturan ini pada setiap percakapan. Cara untuk mengaktifkan fitur Hapus Pesan Otomatis versi Android maupun iOS juga tidak berbeda. Cukup masuk ke jendela percakapan, tap ikon titik tiga yang terletak di sisi kanan atas, di sebelah ikon telepon, lalu tap menu Penghilangan Pesan.

Ada beberapa pilihan durasi penghapusan pesan. Mulai dari 5 detik hingga 1 minggu yang paling lama. Nantinya, setiap pesan yang Anda kirimkan akan terhapus secara otomatis selang waktu yang sudah ditentukan.