WhatsApp Perbarui Fitur Avatar dengan Kemampuan Pembuatan Avatar Berbasis Selfie
Whatsapp bisa buat avatar dari selfie. (foto: dok. whatsapp)

Bagikan:

JAKARFTA -  Banyak pengguna WhatsApp dihadapkan pada dilema: foto apa yang sebaiknya digunakan sebagai gambar profil Anda? Tahun lalu, WhatsApp meluncurkan fitur Avatar yang memungkinkan Anda membuat versi kartun diri sebagai gambar profil.

Kini, aplikasi pesan tersebut membuat pembuatan avatar ini bahkan lebih sederhana. Sementara pengguna sebelumnya harus membuat kartun tersebut secara manual, WhatsApp sekarang memungkinkan Anda membuatnya dalam hitungan detik - dengan menggunakan selfie.

Begini cara mencoba fitur baru ini pada profil WhatsApp Anda. Meta meluncurkan avatar di WhatsApp pada Desember tahun lalu, setelah melihat kesuksesan alat ini di Facebook dan Instagram. Menurut raksasa teknologi tersebut, lebih dari satu miliar Meta Avatar telah dibuat hingga saat ini.

Hingga saat ini, pengguna harus membuat avatar ini dari awal, memilih segalanya mulai dari warna kulit hingga pakaian. Sekarang, Meta membuatnya bahkan lebih mudah untuk membuat avatar.

"Anda sekarang dapat mengambil selfie langsung, dan dalam hitungan detik kami akan memberikan opsi avatar yang disarankan yang dihasilkan dari foto Anda," jelas WhatsApp, seperti dikutip dari blog-nya. "Anda dapat memilih dari opsi yang diberikan dan mempersonalisasikannya lebih lanjut untuk mewakili diri Anda dengan sebaik-baiknya."

Untuk mencoba fitur baru ini, buka aplikasi WhatsApp di ponsel pintar Anda, dan ketuk Pengaturan. Ketuk 'Avatar', lalu ketuk 'Buat Avatar Anda'. Ambil selfie, lalu pilih warna kulit. Jika Anda tidak puas dengan selfie Anda, Anda dapat memilih untuk mengambil ulang pada tahap ini.

Dalam hitungan detik, aplikasi akan memberikan saran avatar berdasarkan selfie Anda. Jika Anda puas, ketuk Selesai, atau ketuk 'Lakukan lebih banyak pengeditan' untuk menyesuaikan kartun Anda.

"Foto Anda tidak akan digunakan untuk tujuan lain dan akan segera dimulai proses penghapusan," jamin WhatsApp.

Fitur ini telah diuji coba dengan 'beberapa pengguna' di seluruh dunia, dan kini akan diluncurkan secara global mulai Senin 4 Desember.

Fitur baru ini muncul sesaat setelah WhatsApp meluncurkan kemampuan untuk mengatur Kode Rahasia pada obrolan pribadi. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Anda menetapkan kata sandi unik pada percakapan, memastikan agar tetap terhindar dari mata yang ingin mencuri informasi.