CEO OpenAI Konfirmasi Tidak Dapat Mengembangkan AGI Tahun Depan
CEO OpenAI, Sam Altman (dok. Istimewa).

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum berganti tahun ke 2024, CEO OpenAI, Sam Altman, melempar pertanyaan ke pengikutnya di X untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat untuk OpenAI pada tahun depan.

“Apa yang Anda ingin OpenAI buat/perbaiki pada tahun 2024?” tanya Altman kepada pengikutnya di X pada Minggu, 24 Desember 2023.

Baru berjalan dua menit setelah diunggah, Altman mendapatkan banyak permintaan terkait Artificial General Intelligence atau AGI.

Namun, sayangnya Altman mengatakan bahwa sangat mustahil untuk mewujudkannya tahun depan.

“Wow jauh lebih banyak permintaan dalam dua menit pertama untuk AGI dari yang diharapkan. Saya minta maaf karena mengecewakan, tetapi saya rasa kami tidak dapat mewujudkannya pada tahun 2024,” jawabnya.

Apa Itu AGI?

Melansir dari situs Amazon, Artificial General Intelligence (AGI) adalah sebuah bidang penelitian AI teoretis yang berupaya membuat perangkat lunak dengan kecerdasan mirip manusia dan kemampuan untuk belajar mandiri.

Tujuan dari pengembangan ini sendiri agar perangkat lunak dapat melakukan tugas-tugas yang belum tentu dilatih atau dikembangkan.

Amazon juga menyebutkan bahwa ada beberapa perbedaan yang menonjol antara AI dan AGI. Jika AI yang kita gunakan saat ini dapat menjawab berbagai permasalahan melalui model pembelajaran mesin (ML).

Sebaliknya, dengan AGI, alih-alih terbatas pada lingkup tertentu, AGI dapat belajar mandiri dan memecahkan masalah yang belum pernah dilatih sebelumnya.

Bahkan, beberapa ilmuwan komputer percaya bahwa AGI adalah program komputer hipotetis dengan pemahaman dan kemampuan kognitif manusia.