Kabar Gembira! Samsung Hadirkan Fitur yang Ada di Galaxy S21 Buat Seri Ponsel Lawas
Samsung Galaxy S21 (Photo by Anh Nhat on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung telah memperkenalkan lineup Galaxy S21 bulan Januari lalu, perusahaan turut menyampaikan versi skin Android versi teranyarnya. Diberi nama One UI 3.1, UI tampilan antarmuka yang dikembangkan Samsung ini dibekali beberapa fitur anyar.

Beruntugnya, pembaruan tak eksklusif untuk pengguna Galaxy S21 series aja. Perusahaan memutuskan untuk memperbarui beberapa seri lawas dengan One UI 3.1. Artinya, ponsel Samsung Galaxy lawas yang terpilih juga bisa memanfaatkan fitur canggih yang ada pada Galaxy S21 series.

Beberapa ponsel yang mendapat jatah pembaruan One UI 3.1 seperti Galaxy S20, Galaxy Note 20, Galaxy Z Fold 2, dan GalaxY Z Flip. Melansir Endgadget, terdapat lima fitur utama yang bisa dimanfaatkan pada ponsel Galaxy lawas.

Pertama, yakni fitur Single Take yang sudah ditingkatkan. Memang, fitur ini sudah diperkenalkan perusahaan pada seri Galaxy S20 series. Hanya saja, pada One UI 3.1, fitur fotografi ini memungkinkan pengguna untuk merekam dan menjepret gambar sekaligus.

Fitur kamera lain yang turut diperkenalkan yakni Multi Mic Recording. Fitur ini bisa membuat perangkat merekam audio dari microphone tambahan atau microphone yang sudah ditanamkan dalam satu waktu.

Pembaruan lain yang sudah ditambahkan perusahaan pada One UI 3.1 adalah alat untuk mengedit foto yang bisa ditemukan pada aplikasi Galeri Samsung. Alat tambahan yang disebut Object Eraser atau Penghapus Objek ini bisa dipakai untuk menghapus objek tertentu pada foto menggunakan bantuan algoritma Kecerdasan Buatan.

Pada dasarnya, prinsip kerja tools anyar Samsung tini sama dengan fitur Conten-Aware Fill yang terdapat pada Photoshop. Cukup pilih objek yang ingin dihapus dari foto, selanjutnya software bakal bekerja secara otomatis untuk menghilangkannya.

Selanjutnya, ada fitur anyar yang disebut Eye Comfort Shield. Fitur ini dikembangkan berdasarkan fitur sejenis pada One UI 3.0. Fitur Eye Comfort Shield mampu membatasi jumlah keluaran Cahaya Biru dari perangkat.

Sementara itu, pengaturan Adaptive bisa menyesuikan warna layar perangkat berdasarkan waktu. Tapi, pengguna juga bisa menyesuaikan pengaturan layar sendiri. Pengguna bisa memilih layar berdasarkan warna serta menentukan jadwal untuk penerapan jenis layar tertentu.

Terakhir yakni fitur Private Share. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan waktu kadaluarsa pada file yang ingin dikirimkan pada perangkat lain. Sehingga, jika proses pengiriman gagal, ponsel akan menghapus file tersebut secara otomatis.

Menurut rencana, mulai hari ini Samsung akan meluncurkan pembaruan One UI 3.1 untuk perangkat lawasnya. Tapi, tentu perusahaan memiliki jadwal tersendiri terkait jenis perangkat maupun wilayah mana yang mendapat jatah pembaruan terlebih dulu.