Hal yang Perlu Diketahui dari Samsung Galaxy S21
Bocoran Samsung Galaxy S21 (Image Credit; @We_The_Techies)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung akan segera meluncurkan smartphone flagship terbarunya. Penerus dari Galaxy S20 itu akan dipamerkan dalam ajang Galaxy unpacked pada 14 Januari, nanti malam.

Melansir laman The Verge, bocoran fisik dari Samsung Galaxy S21 kembali mencuat. Kali ini akun Twitter @We_The_Techies memperlihatkan desain fisik dari ponsel flagship terbaru Samsung tersebut. 

Seperti diketahui, Samsung kerap mengusung beberapa model untuk seri flagshipnya. Kali ini varian Galaxy S21 akan terbagi menjadi model reguler, plus hingga ultra.

Akun @We_The_Techies juga menyebutkan bahwa Galaxy S21 Ultra memiliki sisi tebal, dengan dua tone warna berbeda. Tetapi, mengingat spesifikasi yang dikabarkan, itu mungkin tidak terlalu mengejutkan.

Sayangnya, @We_The_Techies tidak memberikan spesifikasi lengkap menyoal tiga seri dari Galaxy S21 tersebut. Ia hanya mengungkapkan bagaimana bentuk ponsel itu nantinya.

Dari rumor yang beredar, Galaxy S21 reguler akan memiliki bentang layar 6,2 inci, untuk Galaxy S21 Plus dengan 6,7 inci. Sedangkan untuk Galaxy S21 Ultra tampil paling jumbo dengan 6,8 inci. Ketiganya akan menggunakan display FHD+ serta dukungan refresh rate 120 Hz.

Samsung masih menyiapkan dua chipset untuk ketiga varian Galaxy S21 tergantung dari pasar yang dituju. Pastinya ponsel baru itu akan hadir dengan prosesor anyar dari Qualcomm yakni Snapdragon 888 atau ditenagai menggunakan Exynos 2100.

Sektor baterai Galaxy S21 dibekali 4000 mAh sementara para kakaknya menggunakan 4.800 mAh dan 5.000 mAh untuk Galaxy S21 Plus serta Galaxy S21 Ultra. Ketiga ponsel juga dipastikan mendukung jaringan 5G, tetapi ada varian khusus untuk Galaxy S21 Ultra 5G.

Di bagian belakang, akan ada tiga kamera untuk Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus yakni 12MP kamera utama + 12MP Ultra-wide + 64MP telephoto. Sementara, Galaxy S21 Ultra memiliki 108MP sebagai lensa utama, 12MP Ultra-wide dan sensor 3X optimal serta 10x optimal masing-masing sebesar 10MP.

Galaxy S21 reguler akan memiliki lebih banyak pilihan warna yakni Phantom Violet, Phantom Pink, Phantom Grey dan Phantom White. Sedangkan Galaxy S21 Plus hadir dengan Phantom Silver, Phantom Black dan Phantom Violet, dan Galaxy S21 Ultra memiliki warna Phantom Black dan Phantom Violet.

Varian Galaxy S21 5G

Mengutip Neowin, Roland Quandt juga mendapatkan sejumlah bocoran informasi dari situs Samsung Jerman. Dirinya mengonfirmasi beberapa rumor tentang model Galaxy S21 Ultra 5G. 

Termasuk rumor yang mengatakan, jika ponsel Galaxy S21 akan dibekali dengan S Pen yang sebelumnya hanya disematkan pada seri Note. Galaxy S21 Ultra 5G juga akan menawarkan layar AMOLED Dinamis 6,8 inci yang sudah dilinduhgi Corning Gorilla Glass Victus. 

Dan tidak seperti perangkat andalan baru yang menawarkan kecepatan refresh layar tinggi dengan mengorbankan resolusi tampilan yang lebih tinggi, Galaxy S21 Ultra 5G dapat menangani kecepatan refresh 120Hz dan pengaturan tampilan WQHD + pada saat yang bersamaan.

Selain itu, kecepatan refresh layar pada ponsel Galaxy S21 dapat beradaptasi dari 10Hz hingga 120Hz tergantung pada kontennya. Layarnya juga memiliki kecerahan puncak hingga 1.500 nits, lebih tinggi dari seri Galaxy S20. Didukung pula oleh SoC Exynos 2100 Samsung yang baru saja diluncurkan.

Dari segi kemampuan fotografinya, S21 Ultra 5G memiliki fitur pengaturan quad-camera di bagian belakang yang terdiri dari sensor utama 108MP dengan teknologi non-binning 12MP, dan menggabungkan hingga sembilan piksel untuk menangkap cahaya yang cukup bahkan pada malam hari. Semha kamera utama dan kamera depannya, juga dapat merekam video dalam 4K, yang pertama pada perangkat Galaxy.

Perangkat ini juga mendukung Wi-Fi 6E untuk bandwidth tinggi dan koneksi internet yang lebih cepat. Fitur lainnya termasuk kemampuan ultra-wideband (UWB) untuk membuka kunci pintu mobil atau menemukan perangkat yang hilang, serta dilengkapi dengan UWB melalui SmartThings Find.

Menyoal harga, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dibanderol 1.518 dolar AS untuk varian 12GB / 128GB, sedangkan konfigurasi 12GB / 256 GB sekitar 1.579 dolar AS dan untuk varian 16GB / 512GB seharga 1.737 dolar AS. Galaxy S21 Ultra 5G tersedia dalam pilihan warna Phantom Silver dan Phantom Black.