Meta Tambahkan AI Multimodal dan Penelusuran Bing ke Kacamata Ray-Ban
Meta uji coba model AI multimodal di Ray-Ban (foto: dok. Meta)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, kacamata pintar Ray-Ban dari Meta sempat viral di media sosial. Di tengah tingginya peminat Ray-Ban, Meta memutuskan untuk menambahkan fitur terbaru.

Diumumkan pada Selasa, 12 Desember, Meta mengatakan bahwa fitur baru yang akan mereka tambahkan adalah model Kecerdasan Buatan (AI) multimodal. Berbeda dengan AI biasa, model AI ini mampu memproses, memahami, serta mengeluarkan data.

Dengan adanya fitur bertenaga AI multimodal, Ray-Ban akan memahami dan memproses seluruh perintah yang diucapkan pengguna melalui kamera internal. Selain itu, fitur ini dapat menulis atau mendeskripsikan suatu objek.

“Anda bisa meminta bantuan Meta AI untuk menulis caption pada foto yang diambil saat mendaki atau Anda bisa meminta Meta AI untuk mendeskripsikan objek yang Anda pegang,” kata Meta dalam rilis resminya.

Tak sampai di situ, Meta mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan Microsoft Bing untuk mengambil informasi secara real-time. Dengan tambahan Bing, pengguna bisa bernyata banyak hal seperti skor olahraga, informasi restoran, saham, dan masih banyak lagi.

Untuk memanfaatkan dukungan Bing, pengguna hanya perlu berkata, “Hai Meta, siapa yang menjuarai Boston Marathon tahun ini di divisi putra?” Setelah pengguna berbicara, Ray-Ban akan langsung mencari informasi secara real-time.

Fitur AI multimodal ini masih diuji oleh Meta. Meski pengguna Ray-Ban belum bisa mendapatkan fitur ini, mereka bisa mencobanya secara langsung melalui program awal yang Meta luncurkan.

Seluruh pelanggan Ray-Ban berhak mencoba dan memberikan masukan atas fitur-fitur terbaru dari kacamata pintar tersebut. Namun, Meta mengingatkan bahwa fitur baru ini mungkin tidak bekerja secara maksimal karena masih diuji coba.