Viral! Kacamata Bisa Ambil Video Bagus, Ini Spesifikasi Kacamata Ray-Ban Meta
Tampilan kacamata Ray-Ban Meta (foto: Meta)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini, seorang youtuber atau konten kreator Jerome Polin membagikan video yang diambil menggunakan kacamata cerdas Ray-Ban dari Meta, perusahaan dibalik aplikasi WhatsApp, Instagram, Facebook, dan Threads. 

Beberapa warganet berkomentar bahwa hasil video dari kacamata tersebut sangatlah menakjubkan. Seorang pengguna @francishutasoit berkomentar ke postingan Jerome “yang menakjubkan resolusi kameranya nggak nanggung-nanggung.”

Jadi, bagaimana bisa resolusi gambar dan video yang diambil dari sebuah kacamata terlihat layaknya menggunakan kamera profesional, mari kita kupas teknologi di dalamnya. 

Kacamata Pintar Meta Ray-Ban

Kacamata Ray-Ban pertama kali dipamerkan dalam acara Meta Connect dua bulan lalu. Dalam menciptakan kacamata pintar ini, Meta bekerja sama dengan EssilorLuxottica, sebuah perusahaan multinasional Prancis-Italia yang bergerak di bidang perawatan mata dan kacamata. 

Ray-Ban Meta versi terbaru ini merupakan peningkatan dari generasi pertama Ray-Ban Meta yang diluncurkan sekitar bulan September tahun 2021 silam. 

Adapun beberapa peningkatan yang hadir ke Ray-Ban Meta terbaru di antaranya adalah:

Audio

Meta menambahkan speaker baru yang dirancang khusus dengan bass yang lebih besar, volume maksimum yang lebih tinggi, dan audio terarah yang ditingkatkan sehingga bisa mengurangi kebocoran audio untuk panggilan, musik, dan podcast yang lebih baik — bahkan di lingkungan yang bising atau berangin. 

Saat Anda merekam video, rangkaian lima mikrofon yang dirancang baru ini juga mendukung perekaman audio yang imersif, sehingga Anda dapat menangkap suara persis seperti yang Anda dengar, di belakang depan, atau dari sisi manapun. 

Kamera

Ray-Ban baru ini didukung dengan kamera ultra lebar 12 MP dengan peningkatan kualitas foto dan video 1080p hingga 60 detik. Anda bahkan dapat langsung berbagi foto ke teman dan keluarga dari kacamata Anda dengan perintah suara sederhana “kirim foto”. 

Power up

Kacamata pintar Ray-Ban Meta ditenagai oleh Platform Qualcomm Snapdragon AR1 Gen1 terbaru, yang memungkinkan pemrosesan foto dan video berkualitas lebih tinggi dan komputasi lebih cepat. Kacamata ini juga hadir dengan wadah pengisi daya yang didesain ulang dan ramping, dengan total penggunaan 36 jam. 

Kenyamanan dan kontrol

Meta mengurangi berat kacamata dan merampingkannya di segala arah, menjadikannya lebih ringan dan nyaman. Menariknya, kacamata ini juga tahan air (IPX4). Serta penyempurnaan touchpad dan menambahkan earcon interaksi sehingga kacamata merespons perintah Anda lebih cepat dan lebih andal. 

Streaming langsung

Meta juga mengatakan bahwa Anda dapat melakukan streaming langsung dari kacamata ke Facebook atau Instagram. Anda dapat melihat komentar di pratinjau, atau ketuk dan tahan di sisi kacamata untuk mendengarkannya.

Meta AI

Terakhir, perusahaan juga telah mengintegrasikan Meta AI, asisten percakapan canggih Meta. Dengan mengucapkan “Hai Meta,” Anda dapat berinteraksi dengan Meta AI untuk memicu kreativitas, mendapatkan informasi, dan mengontrol fitur dengan menggunakan suara Anda.