Bagikan:

JAKARTA - Akhir-akhir ini bitcoin semakin mentereng di antara mata uang kripto lain setelah banyak pihak memborong mata uang virtual itu. Nilainya pun semakin tinggi dibandingkan yang lain.

Namun, secara presentase masih ada mata uang lain yang lebih tinggi dan mengalahkan Bitcoin. Ternyata bitcoin masih di bawah ripple (XRP). Selama tahun ini, XRP melambung tinggi hingga menyentuh angka 160 persen pada 13 Februari. Sedangkan bitcoin hanya meningkat hingga 66 persen.

Jika dilihat dari kinerjanya, XRP lebih unggul dua kali lipat daripada bitcoin. Sedangkan dari sisi harga, jelas XRP lebih murah dari bitcoin. Ripple diperjualbelikan dalam angka 0,55564 dolar AS. Hal ini berbanding jauh jika dibandingkan dengan nilai bitcoin yang menyentuh 48.217,99 dolar AS.  

Artinya, harga ripple tidak sampai 1 dolar AS per koinnya. Sementara bitcoin dijual seharga 50 ribu dolar AS per koin. Perbedaan yang mencolok ini sangat jauh walaupun keduanya merupakan mata uang digital.

Sejak awal kemunculan bitcoin, mata uang virtual itu memang dirancang untuk menjadi cryptocurrency yang terdesentralisasi dan bisa digunakan untuk bertransaksi. Sebagai informasi, desentralisasi berarti tidak ada orang maupun otoritas tunggal yang bisa mengendalikannya.

Sementara Ripple sendiri dibuat oleh Ripple Labs, lebih bersifat open source dan memang diciptakan untuk transaksi, transfer dan pertukaran mata uang secara transparan, murah dan lebih cepat.

Mata uang virtual buatan Ripple Labs ini disebut XRP, namun publik menganggap ripple dan XRP sama saja. Tidak hanya itu, bitcoin dan ripple juga berbeda dari segi jumlah. Perbedaan ini membuat XRP memiliki nilai yang lebih murah dari bitcoin.

Bitcoin memiliki jumlah yang terbatas, yaitu 21 juta. Kini sudah beredar di pasaran sebanyak 18,6 juta bitcoin. Selebihnya hanya bisa didapatkan dengan cara penambangan atau mining.

Sedangkan mata uang kripto XRP tidak bisa diperoleh dengan cara mining. Mata uang ini memiliki jumlah 100 miliar. Sementara yang beredar di pasaran berjumlah sekitar 45 miliar, sisanya tersimpan di Ripple Labs.

Banyak pihak memandang mata uang XRP ini sama dengan mata uang kripto lain seperti bitcoin yang tidak bisa dikendalikan oleh siapapun. Faktanya, XRP dikontrol oleh Ripple Labs. Perusahaan tersebut merupakan otoritas yang mengontrol nilai XRP. Hal ini serupa dengan keberadaan bank sentral yang dapat mengendalikan simpanan dan nilai tukarnya.