Bitcoin Menggila! Nyaris Tembus Rp800 Juta Per Koin
Bitcoin meroket tajam setelah diprediksi turun (Straitstimes)

Bagikan:

JAKARTA - Bitcoin terus melonjak semakin tinggi, jika pekan lalu mata uang kripto ini menyentuh angka 54 ribu dollar (sekitar Rp765 juta) per koin. Kali ini Bitcoin nyaris menembus angka 58.354 dollar AS atau Rp821 juta per keping (kurs Rp14.000/dollar AS).

Melansir Reuters, peningkatan ini mengambil penghasilan mingguan setara 20 persen, dan sudah meningkat sekitar 100 persen di tahun ini.

Berdasarkan laporan Coin Metrics, sebelumya bitcoin diperjualbelikan sekitar 54 ribu dollar AS (setara Rp756 juta) per koinnya pada hari Jumat. Mata uang kripto itu naik lagi hingga 55 ribu dollar AS (Rp770 juta). Selama 6 bulan terakhir, bitcoin meroket sekitar 350 persen.

Uang digital itu semakin mentereng setelah tokoh berpengaruh seperti Elon Musk melontarkan pujian dan dukungannya kepada bitcoin. Imbasnya, nilai bitcoin terus meroket ke level yang lebih tinggi lagi. Ditambah lagi dengan sejumlah perusahaan raksasa yang mulai membuka diri dan mau menerima pembelian produk dengan mata uang kripto.

Mata uang kripto itu bisa dijadikan sebagai alat transaksi. Tindakan yang dilakukan oleh beberapa tokoh dan perusahaan raksasa yang menerima sistem keuangan virtual, kemungkinan akan mempengaruhi perusahaan lain sehingga menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran.

Bitcoin yang terdesentralisasi telah mengguncang sistem keuangan yang berpusat pada bank sentral. Meskipun demikian, belum diketahui apakah bitcoin ini akan menurun sebagaimana yang diramalkan para ahli atau justru semakin meroket ke level yang tidak diketahui.

Beberapa waktu lalu, seorang pengamat keturunan Yahudi-Iran bernama Nouriel Roubini yang lebih dikenal dengan julukan Dr. Doom mengatakan bahwa menyebut bitcoin sebagai mata uang kripto itu tidaklah tepat. Dia juga menambahkan bahwa bitcoin tidak bisa dijadikan sebagai alat transaksi. Para pengamat memprediksi bitcoin akan menurun, yang terjadi justru sebaliknya.