Daftar Tempat Beli Mata Uang Kripto di Indonesia
Mata uang kripto (Currency)

Bagikan:

JAKARTA - Meroketnya bitcoin membuat banyak orang melirik mata uang kripto tersebut. Bitcoin menjadi primadona di antara mata uang virtual lainnya.

Peningkatan tersebut tidak terlepas dari deretan orang-orang top yang mendukung bitcoin salah satunya adalah miliarder Elon Musk.

Nilai jual bitcoin mencapai tujuh ratusan juta. Bukannya mustahil mata uang kripto itu terus merangkak naik. Karena bitcoin merupakan mata uang virtual yang bersifat terdesentralisasi. Artinya, bitcoin tidak memiliki otoritas tertentu atau siapa pun yang bisa mengendalikan nilai mata uang ini.

Nilai bitcoin telah menembus Rp738,999,000 per koinnya, pada Kamis, 18 Februari. Banyak pihak yang memilih untuk menjadikan mata uang kripto tersebut sebagai salah satu aset investasi. Aset kripto di RI sendiri diawasi oleh Badan Pengawas Perdangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Investor yang berminat uang melakukan investasi bitcoin dapat mendaftar melalui website resmi perusahaan pedagang kripto yang sudah didaftarkan ke Bappebti. Sebagai informasi, hingga kini baru ada 13 perusahaan yang berada di bawah naungan Bappebti.

Sahudi, selaku Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti mengungkapkan bahwa ada sejumlah peraturan tentang perusahaan pedagang aset kripto. Aturan itu berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan No. 99 Tahun 2018 dan peraturan Bappebti No. 5 tahun 2019

“Aturan tersebut mewajibkan kepada bursa berjangka, lembaga kliring berjangka, depositorym pedagang aset kripto yang beroperasi di Indonesia mendapat persetujuan Bappebti,” kata Sahudi.

Daftar pedagang aset kripto yang berada di bawah naungan Bappebti:

  1. PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX)
  2. PT Indonesia Digital Exchange (IDEX)
  3. PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO)
  4. PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX)
  5. PT Luno Indonesia LTD (LUNO)
  6. PT Pintu Kemana Saja (PINTU)
  7. PT Tiga Inti Utama
  8. PT Cipta Koin Digital (KOINKU)
  9. PT Upbit Exchange Indonesia
  10. PT Bursa Cripto Prima
  11. PT Triniti Investama Berkat
  12. PT Plutonext Digital Aset
  13. PT Rekeningku Dotcom