Harga Ripple Diprediksi Akan Meroket Ke Level Tertinggi
Harga Ripple (XRP) terus meningkat (Coin Markets)

Bagikan:

JAKARTA – Bitcoin (BTC) masih memimpin klasemen uang kripto dengan harga tertingginya. Pada pekan sebelumnya, bitcoin mengalami kenaikan 3,8 persen. Angka kenaikan tersebut masih terlalu kecil jika dibandingkan dengan ripple (XRP).

Berdasarkan laporan dari Refinitiv, selama pekan kemarin XRP mengalami kenaikan tinggi hingga 12 persen menyentuh 1,352 dollar AS per koinnya. Tren positif itu terus meningkat hingga berita ini dituliskan pada Selasa 13 April. XRP diperjualbelikan di atas 1,44 dollar AS per kepingnya.

Ripple mengalami kenaikan sejak awal tahun ini akibat adanya pernyataan dari hakim yang menangani kasus ripple dengan Security and Exchange Commision (SEC). Dalam kasus tersebut SEC mengajukan gugatan pada pengembang XRP yaitu Ripple Lab karena menjual ripple tanpa mendaftarkan uang kripto tersebut kepada SEC.

Akibat dakwaan SEC terhadap ripple, sejumlah bursa kripto menghentikan sementara jual beli XRP. SEC sendiri menganggap XRP sebagai sekuritas. Hal tersebut mengharuskan Ripple Lab untuk mendaftarkannya terlebih dulu.

Hakim yang menangani kasus ini memnganggap XRP sebagai mata uang kripto yang memiliki kriteria berbeda dengan Ether maupun Bitcoin.

“Menurut pemahaman saya, XRP tidak hanya memiliki nilai seperti mata uang, tetapi juga kegunaan, dan kegunaan itu berbeda dengan bitcoin ataupun ethereum,” ujar hakim Sarah Netburn seperti yang dikutip dari CoinDesk.

Setelah adanya pernyataan tersebut, harga ripple melambung semakin tinggi 150 persen pada Minggu lalu. Kenaikan ini merupakan peningkatan tertinggi yang dialami XRP sejak Desember 2017 lalu.

Para analis memandang Ripple Labs yang akan memenangkan kasus tersebut sehingga membuat harga XRP terus meningkat. Sejumlah bursa kripto juga dikabarkan kembali membuka perdagangan Ripple.

Menurut CEO Factor LLC, Peter Brandt memprediksi bahwa harga XRP akan terus meroket ke level tertingginya. Brandt melihat tren positif ini dari analisa teknikal pada grafik mingguan ripple.

“Pola itu mengindikasikan harga akan meroket ke rekor tertinggi sepanjang masa,” tulis Brandt dalam akun Twitter-nya, Senin 12 April.

Menurut laporan Coin Market Cap, harga tertinggi ripple pada Januari 2018. Waktu itu harga XRP menyentuh 2,53 dollar AS.