Bagikan:

JAKARTA - Sebelas anggota DPR AS dari kelompok bipartisan pada Kamis 30 November meminta pemerintahan Presiden Joe Biden untuk menyelidiki dan potensial memberlakukan sanksi terhadap produsen drone China, Autel Robotics, dengan merujuk pada kekhawatiran keamanan nasional.

Surat tersebut, yang ditandatangani oleh ketua komite seleksi China DPR, Mike Gallagher, seorang anggota Partai Republik, dan anggota Partai Demokrat teratas di panel tersebut, Raja Krishnamoorthi, meminta Departemen Perdagangan, Pertahanan, dan Keuangan untuk menyelidiki Autel Robotics, yang merupakan anak perusahaan dari Autel Intelligent Technology.

Surat tersebut menyatakan bahwa Autel Robotics secara terbuka terafiliasi dengan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China dan merupakan ancaman langsung terhadap keamanan nasional AS karena lembaga penegak hukum setempat dan pemerintah negara bagian serta pemerintah setempat membeli dan mengoperasikan drone Autel, yang berpotensi mengungkapkan data sensitif di seluruh negeri.

Departemen Pertahanan mengatakan akan merespons surat para anggota DPR. Departemen Perdagangan dan Keuangan tidak segera memberikan komentar. Autel juga tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar.

Salah satu penandatangan surat, anggota DPR Republik, Elise Stefanik, mengatakan, "Drone Autel yang dibuat di China Komunis menyajikan risiko keamanan nasional yang tidak dapat diterima dan seharusnya tidak diizinkan beroperasi di Amerika."

Departemen Perdagangan pada tahun 2020 memberlakukan pembatasan ekspor terhadap produsen drone berbasis di China, DJI, dengan tuduhan keterlibatannya dalam penindasan minoritas Uighur China dan membantu militer.

Para anggota DPR bertanya apakah Autel seharusnya menghadapi pembatasan serupa, dengan merujuk pada kekhawatiran bahwa teknologi Autel digunakan di Xinjiang, dan menyatakan bahwa perusahaan tersebut "tampaknya juga berpotensi mendukung invasi Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina."

Gallagher dan Krishnamoorthi pada awal bulan ini memperkenalkan undang-undang yang mencoba melarang pemerintah AS membeli drone China.

Kongres pada tahun 2019 melarang Pentagon membeli atau menggunakan drone dan komponen yang diproduksi di China. Pemerintah AS telah mengambil tindakan lain untuk membatasi pembelian drone buatan China.

Departemen Dalam Negeri AS pada Januari 2020 mengumumkan bahwa mereka akan menarik kembali armada sekitar 800 drone buatan China setelah menghentikan pembelian tambahan drone tersebut oleh lembaga tersebut.

Lebih dari 50% drone yang dijual di Amerika Serikat dibuat oleh DJI, dan mereka adalah drone paling populer yang digunakan oleh lembaga keamanan publik, kata anggota DPR Republik sebelumnya tahun ini.