4 Cara Melacak Lokasi Seseorang dengan Nomor HP, Nggak Ribet dan Akurat
cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP (foto: dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengguna ponsel perlu tahu cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP. Tips ini sangat berguna ketika mengalami beberapa situasi, misalnya kehilangan ponsel, ada keluarga maupun teman yang tidak diketahui keberadaannya atau hilang tiba-tiba, hingga memantau aktivitas pasangannya. 

Berkat perkembangan teknologi, kini kebutuhan untuk mengetahui lokasi seseorang bisa dilakukan secara mudah. Selama ini umumnya orang-orang melakukan tracking menggunakan akun Gmail atau Google. Jika ingin lebih praktis, ada cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP. 

Namun pastikan hal ini dilakukan untuk tujuan kebaikan, sebab tracking kepada orang asing yang tidak punya kepentingan termasuk tindakan pelanggaran privasi. 

Cara Melacak Lokasi Seseorang dengan Nomor HP

Nomor WhatsApp kini tidak hanya bisa dipakai untuk kontak dalam komunikasi dengan orang lain. Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan melacak lokasi hingga identitas seseorang. Untuk melakukan cara ini, Anda perlu mengunduh aplikasi bantuan terlebih dahulu. 

Berikut ini cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP yang bisa Anda praktikkan:

Menggunakan WhatsApp Web

Anda bisa memanfaatkan platform WhatsApp web untuk melacak lokasi seseorang dengan nomor HP. Langkah ini hanya bisa dilakukan melalui laptop atau PC. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka pesan terakhir dari orang yang ingin Anda lacak lokasinya, kemudian tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan atau masuk ke “Task Manager”.
  2. Tekan Windows+R setelah Task Manager.
  3. Lalu ketikan cmd, kemudian tekan “Enter”.
  4. Jika sudah memasuki command prompt, ketik ‘netstat’ dan tekan “enter”.
  5. Catat atau simpan alamat IP yang tercantum pada command prompt tersebut.
  6. Anda tinggal tracking lokasi orang yang ingin dicari dengan membuka laman www.ip-adress.com/ip_tracer/. Kemudian masukkan alamat IP yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.

Menggunakan GPS

Fitur GPS yang ada di smartphone bisa Anda gunakan untuk mengetahui lokasi seseorang lewat nomor HP. Anda bisa memanfaatkan kegunaan tersebut tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Namun langkah ini hanya bisa dilakukan jika GPS pada ponsel yang ingin Anda lacak dalam kondisi aktif atau menyala.

Berikut ini angkah-langkah melacak lokasi seseorang dengan nomor HP dari GPS:

  1. Silakan buka browser dan ketik www.SAT-GPS-Tracker.com
  2. Klik menu 'track a phone number here'.
  3. Kemudian Anda harus memasukkan negara tempat no HP yang ingin Anda ketahui keberadaannya. Misalnya Indonesia, masukkan kode +62 untuk nomor telepon.
  4. Ketik nomor HP yang ingin Anda lacak tanpa menuliskan nol (0) di angka paling depan.
  5. Lalu klik 'to search'.

Melalui HRL Lookup

Cara lainnya untuk mengetahui lokasi seseorang lewat nomor HP bisa Anda lakukan dengan aplikasi HRL Lookup. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Playstore secara gratis. Ikuti langkah-langkah ini untuk mencari tahu keberadaan orang lewat nomor HP dengan HRL Lookup:

  1. Silakan buka aplikasi HRL Lookup yang sudah diunduh di ponsel Anda.
  2. Perhatikan kolom yang tersedia. Kemudian Masukkan Nomor HP, lalu tap Check.
  3. Akan ditampilkan data-data dari nomor HP yang Anda masukkan.
  4. Data tersebut meliputi informasi kota, negara, provider, dan lainnya.

Namun perlu dicatat bahwa informasi yang disajikan oleh HRL (Home Location Register) bukan lokasi tepat atau spesifik di mana posisi nomor HP saat ini berada. Aplikasi ini memberi tahu Anda di mana kartu provider tersebut didaftarkan pada area tertentu.

Menggunakan Find My

Tips selanjutnya untuk melacak lokasi seseorang dengan nomor HP bisa Anda lakukan melalui fitur Find My Device. Fitur ini oleh Google untuk mencari perangkat Android. Namun untuk bisa menggunakan fitur ini, perangkat atau ponsel berisi nomor HP yang Anda cari harus dalam kondisi menyala: internet aktif, GPS menyala, dan terhubung ke akun Google.

Cara melacak lokasi seseorang dengan Find My sangatlah mudah. Anda dapat menyalakan fitur ini di android dengan langkah: masuk ke setting -> security -> Find My Device. Kemudian masuk ke situs andorid.com/find dan temukan perangkat yang ingin dilacak. Google akan memberikan tampilan maps pada layar ponsel Anda untuk menunjukkan posisi perangkat secara real time.

Demikianlah beberapa cara melacak lokasi seseorang dengan nomor HP. Anda bisa menerapkan salah satu langkah di atas untuk kepentingan mencari ponsel yang hilang, mengetahui keberadaan keluarga atau teman, dan sebagainya. Pastikan Anda menggunakan fitur tracking ini untuk kepentingan yang baik dan tidak melanggar privasi orang lain.