Amazon Akan Dapat Persetujuan Antimonopoli EU untuk Akuisisi iRobot
Ilustrasi robot vakum Roomba dari iRobot (foto: x @iRobot)

Bagikan:

JAKARTA - Amazon   akan mendapatkan persetujuan antimonopoli dari Uni Eropa (EU) tanpa syarat untuk akuisisinya sebesar  1,4 miliar dolar AS (Rp21,7 triliun) terhadap pembuat robot vakum, iRobot. Hal ini  diungkapkan tiga sumber yang akrab dengan masalah tersebut pada  Kamis, 23 November.

Pengawas antimonopoli di seluruh dunia telah meningkatkan pengawasan terhadap Big Tech yang mengakuisisi pesaing-pesaing kecil. Mereka  khawatir tentang akumulasi data oleh beberapa perusahaan dan pemain besar yang memanfaatkan dominasinya ke pasar baru.

Komisi Eropa, yang bertindak sebagai pengawas persaingan UE, memperingatkan Amazon pada bulan Juli bahwa kesepakatan tersebut dapat mengurangi persaingan di pasar pembersih vakum robot dan memperkuat posisi dominan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut sebagai penyedia pasar online.

Komisi yang dijadwalkan akan memutuskan tentang kesepakatan tersebut pada tanggal 14 Februari, menolak memberikan komentar. Amazon juga belum merespons permintaan komentar hingga saat ini.

Kesepakatan yang diumumkan pada  Agustus akan menambahkan robot vakum Roomba dari iRobot ke portofolio perangkat pintar Amazon, termasuk asisten suara Alexa, termostat pintar, perangkat keamanan, dan layar pintar yang dipasang di dinding.

Badan antimonopoli Inggris telah memberikan persetujuan tanpa syarat terhadap kesepakatan tersebut setelah tinjauan awal.