NASA Tunjuk Kepala Sistem Eksplorasi Jim Free Sebagai Pengganti Bob Cabana
Administrator Asosiasi Pengembangan Sistem Eksplorasi NASA Jim Free akan gantikan posisi Bob Cabana (foto: dok. NASA)

Bagikan:

 

JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menunjuk pengganti dari Bob Cabana untuk mengisi posisi administrator asosiasi. Jabatan ini akan diisi oleh Jim Free.

Free merupakan seorang administrator asosiasi di NASA, tetapi khusus untuk pengembangan sistem eksplorasi. Posisi ini lebih rendah dari posisi Cabana. Setelah Cabana resmi pensiun, Free akan memimpin banyak tim dan pimpinan di NASA.

Posisi administrator asosiasi dipercayakan kepada Free setelah pimpinan NASA melihat rekam jejaknya selama bekerja. Menurut Administrator Bill Nelson, kemampuan Free bisa membantu NASA mencapai kepentingan umat manusia.

“Pam, Bob, dan saya sangat yakin bahwa kekayaan pengalaman dan keahliannya akan memberikan panduan dan perspektif luar biasa bagi tim kepemimpinan kami dalam peran barunya sebagai administrator asosiasi,” kata Nelson dalam pernyataan resmi.

Posisi administrator asosiasi merupakan jabatan tertinggi ketiga di NASA. Free nantinya akan bekerja di belakang Administrator Bill Nelson dan Wakil Administrator Pam Melroy, dua jabatan tinggi lainnya di NASA.

Saat menjabat sebagai administrator asosiasi, Free akan memberikan nasihat kepada Nelson dan Pam terkait pengambilan sejumlah keputusan di NASA dan mengawasi para pemimpin direktorat di berbagai misi serta pusat lapangan NASA.

Sebagai informasi, NASA telah mengumumkan bahwa Cabana akan pensiun pada 31 Desember. Melihat pada tanggal ini, Free dipastikan akan mulai menjabat sebagai administrator asosiasi tahun depan.

Setelah Free menggantikan posisi Cabana, posisi administrator asosiasi untuk pengembangan sistem eksplorasi akan diganti oleh orang yang menjabat di bawahnya, yaitu Catherine Koerner.

Ket. foto: 

Terkait