Sapeon, <i>Startup</i> Chip AI Luncurkan Chip Terbaru untuk Pusat Data
Sapeon, startup chip kecerdasan buatan (AI) (foto: yonhap)

Bagikan:

JAKARTA - Sapeon, startup chip kecerdasan buatan (AI) yang didukung oleh konglomerat telekomunikasi dan chip asal Korea Selatan, SK Group, mengumumkan peluncuran chip terbarunya untuk pusat data pada  Kamis, 16 November, bergabung dalam perlombaan global untuk mengembangkan chip AI dengan pesaing besar seperti Nvidia.

Chip terbaru Sapeon, X330, "mewakili kira-kira dua kali lipat kinerja komputasional dan 1,3 kali lipat efisiensi daya yang lebih baik" dibandingkan dengan produk pesaing yang diluncurkan tahun ini, demikian pernyataan perusahaan tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang pesaingnya.

Menurut Sapeon, produk ini, yang mendukung large language models (LLMs), jenis perangkat lunak AI yang digunakan untuk membuat layanan seperti ChatGPT, dijadwalkan untuk diproduksi secara massal pada paruh pertama tahun depan.

Sapeon merancang semikonduktor kecerdasan buatan untuk pusat data, yang membutuhkan pemrosesan data dalam jumlah besar. "Chip X330 diproduksi oleh TSMC, perusahaan pembuat chip kontrak terbesar di dunia," kata Sapeon.

SK Telecom, perusahaan telekomunikasi teratas Korea Selatan, adalah induk dari Sapeon. Anak perusahaannya, SK Hynix, produsen chip memori terbesar kedua di dunia, menjadi salah satu pemegang saham utama Sapeon.